Webinar Kesehatan RS Al Irsyad: Hidup Berkualitas dengan Penyakit Ginjal

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Ginjal tak hanya berdiri sendiri, namun juga saling ketergantungan dengan organ-organ lainnya. Sehingga, ketika organ lain sakit, maka ginjal pun juga merasakannya. Untuk itu, menjaga kesehatan ginjal begitu penting untuk hidup yang berkualitas.

Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya menggelar Webinar Kesehatan secara virtual dengan tema “Hidup Sehat dengan Penyakit Ginjal” bersama narasumber Dokter Spesialis Ginjal dan Hipertensi, dr. Artaria Tjempakasari, SpPD-KGH, pada Sabtu, (27/3).

dr. Artaria menyampaikan bahwa ginjal memiliki fungsi yang beragam, di antaranya adalah menyaring limbah dari tubuh, mengendalikan keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh, mengatur keseimbangan asam basa, mengeluarkan sisa hasil metabolisme tubuh, selain itu di dalam ginjal juga ada sistem hormone (eritropoetin yang membantu sumsum tulang untuk menghasilkan haemoglobin atau berfungsi untuk menstimulasi sel darah merah).

“Apabila ginjal kita dalam kondisi tidak baik, maka sering tidak berhasil membentuk sel darah merah sehingga akan sering transfusi darah. Selain itu, jika ginjal tidak baik, maka tekanan darah juga akan tak terkendali,” ujarnya.

Sementara untuk Penyakit Ginjal Kronik (PGK), dr. Artaria menyebut, bukanlah nama suatu penyakit. Melainkan suatu terminologi, muara, atau hasil akhir dari penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan ginjal.

Dengan demikian, PGK adalah sindrom klinis karena penurunan fungsi ginjal secara menetap akibat nefron (bagian terkecil dari ginjal). Proses penurunan fungsi ginjal ini berjalan lama dan semakin bertambah buruk, sehingga pada akhirnya akan terjadi gagal ginjal terminal atau Penyakit Ginjal Tahap Akhir (PGTA).

“Jadi, jika fungsi ginjal terganggu, maka pengaturan air juga terganggu. Jika dulunya kita mengonsumsi banyak air, maka air kencing yang keluar akan banyak begitu pun sebaliknya. Tetapi jika fungsi ginjal tidak baik, maka kelebihan air tersebut tidak dapat diproses oleh ginjal dengan baik, sehingga sering masuk ke tempat lain, seperti masuk ke jantung atau paru-paru yang menyebabkan rusak,” jelasnya.

Untuk mencegah gangguan pada fungsi ginjal, maka tiap orang dianjurkan melakukan beberapa langkah berikut yang dapat memberikan hidup berkualitas, antara lain:

  1. Deteksi awal, sehingga fungsi kerja ginjal dapat dipertahankan jika ditangani lebih awal
  2. Penanganan penyakit penyebab penyakit ginjal kronik, seperti mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah
  3. Menghindari faktor-faktor yang dapat menurunkan fungsi ginjal, seperti penggunaan obat penghilang rasa sakit, batu ginjal, dan penyakit infeksi saluran kemih
  4. Pengaturan pola makan, terutama diet rendah protein dalam pengaturan makanan
  5. Mempertahankan dan menjaga berat badan ideal
  6. Berhenti merokok

“Sesekali menikmati makanan yang enak (tapi berisiko) tak apa, tapi jangan keseringan. Deteksi dini (penyakit ginjal) sangat berarti, jangan sampai sudah terlanjur sakit baru berobat,” tutupnya. 

Konsultasikan kesehatan ginjal Anda dengan dr. Artaria Tjempakasari, Sp.PD-KGH setiap Senin dan Rabu pukul 15.00 – 16.00 untuk jadwal NonBPJS dan pukul 16.30 – 18.00 untuk jadwal BPJS. Informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat