Waspadai Masker Medis Palsu, Begini Cara Mengetahuinya

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Belakangan ini banyak beredar masker medis palsu, baik di kalangan penjual online maupun offline. Untuk itu, masyarakat perlu waspada, dan mengetahui cara membedakan dan mengenali masker medis asli dan palsu.

Maraknya penjualan masker medis palsu, masyarakat pun diimbau untuk membeli masker medis yang sudah memiliki izin edar alat kesehatan dari Kemenkes yang dapat diakses melalui infoalkes.kemkes.go.id.

“Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan pemilihan masker medis,” terang Plt Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Farmalkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Arianti Anaya.

Arianti menjelaskan, setiap masker harus memiliki izin edar dari Kemenkes untuk memastikan masker mampu mencegah masuknya droplet atau virus dan bakteri. Masker palsu, sebutnya, justru berlaku sebaliknya, yakni dapat meningkatkan kerentanan penularan virus SARS-CoV-2.

Ada beberapa persyaratan untuk mendapatkan izin masker. Di antaranya harus memenuhi persyaratan mutu, keamanan, dan manfaat. Mengutip dari CNN, ada dua jenis masker medis yaitu masker bedah dan masker respirator. Masker bedah berbahan material berupa Nonwoven Spunbond, Meltblown, Spunbond (SMS) dan Spunbond, Meltblown, Meltblown, Spunbond (SMMS).

Masker tersebut digunakan sekali pakai dengan tiga lapisan. Penggunaannya menutupi mulut dan hidung.

Lain halnya dengan masker respirator atau biasa disebut N95 atau KN95. Biasanya masker respirator ini menggunakan lapisan lebih tebal berupa polypropylene, lapisan tengah berupa elektrete atau charge polypropylene.

Arianti menyebut, bahwa masker medis harus memiliki efisiensi penyaringan bakteri minimal 95 persen.

Berikut ini cara lain yang dapat dilakukan untuk mengenali masker asli atau palsu, antara lain:

Tes visual

Masker yang diperbolehkan dipergunakan adalah masker dengan 3 lapis. Untuk mengetahui masker tersebut 3 lapisan maka Anda bisa membuka atau merobek salah satu masker untuk mengetahuinya.

Masker 3 lapisan biasanya terdiri dari kepingan translucent (atas), lapisan putih (tengah), dan kepingan berwarna bisa hijau, biru, atau bahkan putih.

Uji air

Masker bedah, tidak hanya melindungi orang lain dari batuk dan bersin Anda, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap orang lain. Karena itu, lapisan luarnya didesain tahan air.

Lipat masker sehingga bagian luarnya membentuk corong. Kemudian tuangkan air ke dalamnya. Jika masker tersebut asli maka, masker akan menahan air.

Uji bakar

Selanjutnya, Anda dapat mengujinya dengan membakarnya. Pasalnya, ditemui masker palsu dengan 3 lapis masker yang di lapisan tengahnya adalah kertas, maka sebaiknya uji dengan membakarnya. Jika masker terbakar, maka masker tersebut adalah masker palsu.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat