Waspadai Gangguan Kesehatan Akibat Suhu Udara Dingin yang Terjadi Belakangan Terakhir

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Akhir-akhir ini beberapa daerah di Indonesia mengalami suhu udara yang tak wajar atau menjadi dingin disebabkan kini sedang menjelang puncak musim kemarau. Masyarakat pun dianjurkan waspada supaya tidak mengalami gangguan kesehatan, seperti mimisan, bibir pecah-pecah, hingga batu dan pilek.

Deputi Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Herizal angkat bicara mengenai udara dingin yang muncul akhir-akhir ini. Ia mengatakan suhu dingin yang datang di waktu malam hari sampai pagi hari pukul 07.00 terjadi akibat menjelang puncak musim kemarau.

Sementara itu, Dokter Penyakit Dalam, Prof Dr Ari Fahrial Syam SpPD menganjurkan masyarakat untuk mengantisipasi diri mengenai fenomena udara dingin ini. Sebab, pada suhu yang tiba-tiba dingin tersebut dapat berbahaya bagi tubuh. Supaya tidak mengalami gangguan kesehatan, seperti mimisan, batuk pilek, dan bibir pecah-pecah sehingga menurunkan nafsu makan, maka hal itu perlu dicegah.

“Tentu kondisi ini sangat mengganggu masyarakat yang memang sedang khawatir akan pandemi global COVID-19. Dengan begitu untuk menyiasati udara dingin tersebut agar tetap dalam keadaan sehat, maka daya tahan tubuh masyarakat harus dijaga,” ujarnya.

Karenanya, Ari menyebut hal-hal yang dapat dilakukan guna menyiasati udara dingin tersebut, antara lain;

Menutupi Badan agar Udara Dingin Tidak Langsung Kontak dengan Kulit

Gunakan jaket atau pelindung badan lainnya yang dapat menutupi seluruh tubuh sheingga udara dingin tidak langsung kontak dengan kulit Anda. Selain itu, usahakan mengenakan pakaian berlapis.

Ari pun juga menyarankan untuk tidak lupa menggunakan tutup kepala tambahan, kaus kaki tebal, dan sarung tangan ketika harus keluar rumah untuk pergi bekerja.

Usahakan Selalu Kenakan Pakaian yang Kering dan Bersih

Menurut Ari, udara dingin yang menyengat dan langsung kontak dengan kulit akan menyebabkan kulit menjadi kering.

“Oleh sebab itu, harus selalu mengolesi lotion pada kulit tangan dan telapak kaki agar kulit tidak mengering dan tidak menimbulkan luka,” terangnya dilansir dari liputan6.com.

Olesi Krim di Area Bibir dan Lubang Hidung

Ari mengatakan, usahakan untuk selalu mengolesi krim di area bibir dan lubang hidung. Hal ini dilakukan agar bibir tidak kering dan tidak menimbulkan luka yang pada akhirnya akan mengurangi nafsu makan.

Mimisan atau keluar darah dari hidung sering terjadi pada orang-orang yang mengalami kekeringan pada lubang hidungnya. 

Minum yang Cukup

Yang paling penting dan sederhana adalah tidak lupa untuk mencukupi kebutuhan air minum. Minum yang cukup untuk mencegah agar tidak dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan memperburuk kesehatan akibat udara dingin tersebut. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat