Waspadai Bahaya Minum Soda Terlalu Sering

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Sensasi minum soda memang terasa begitu menyegarkan. Akan tetapi, kandungan gula dan zat buatan lain yang terkandung di dalamnya dapat mengintai kesehatan bila dikonsumsi terlalu sering.

Gangguan kesehatan yang dikaitkan dengan minuman bersoda adalah obesitas, kerusakan ginjal dan beberapa jenis kanker. Mengutip dari CNN, The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi tak lebih dari 450 kalori minuman soda dalam satu minggu.

Untuk lebih jelas, berikut ini sejumlah bahaya yang mengintai bila minum soda terlalu sering:

Berat Badan Bertambah

Jumlah kalori akan bertambah jika mengkonsumsi soda, karena sekaleng soda memiliki kandungan 140 kalori. Jumlah tersebut setara dengan satu porsi nasi putih ukuran 105 gram. Belum lagi kandungan gula yang tinggi pada soda yang dapat menyebabkan haus tak kunjung hilang. Studi menunjukkan, orang yang minum soda terlalu sering dapat menambah jumlah kalori sebanyak 17 persen. Jika kalori bertambah otomatis tubuh juga semakin bertambah.

Memicu Diabetes

Meminum satu kaleng soda secara rutin ternyata juga dapat mengakibatkan risiko peningkatan diabetes tipe 2. Ketika minum soda yang mengandung gula tinggi, pancreas harus menghasilkan lebih banyak insulin untuk menghilangkan glukosa dari aliran darah, sehingga kadar insulin darah meningkat. Kondisi ini disebut dengan resistansi insulin yang merupakan penyebab utama di balik sindrom metabolik menuju diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Menjadi Candu

Zat adiktif pada soda dapat memicu sensasi candu. Hal ini dibuktikan lewat penelitian pada tikus, yang menunjukkan bahwa minuman bersoda mampu melepaskan dopamin di otak dan memberikan rasa senang. Efek yang sama juga dapat timbul pada manusia. Minuman bersoda mempengaruhi candu pada otak layaknya obat keras.

Risiko Kanker

Studi pada 60 ribu orang mendapati bahwa minum dua porsi atau lebih soda per minggu dapat meningkatkan risiko kanker. Sebanyak 87 persen memungkinkan mengidap kanker pankreas dibanding orang yang tidak minum soda. Bahkan pada perempuan yang sudah menopause dapat berisiko terkena kanker lapisan dalam rahim lebih tinggi.

Kerusakan Gigi

Soda mengandung asam fosfat dan karbonat. Dua kandungan ini dapat meningkatkan asam di dalam mulut sehingga membuat gigi rentang membusuk. Kombinasi antara soda dan gula tersbeut juga dapat menimbulkan kerusakan gigi yang semakin parah. 

Tak hanya itu, minum soda terlalu sering juga dikaitkan dengan timbulnya asam urat dan demensia. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat