Waspada, Radiasi Peralatan Elektronik Bisa Picu Kanker Tulang

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Berbagai peralatan elektronik yang sangat dekat dengan kita, seperti telepon genggam, kabel listrik dan peralatan rumah tangga lainnya ternyata bisa memicu penyakit langka, yaitu kanker tulang.

Kanker tulang menurut Cancer Treatment Centers of America adalah kondisi penyakit kanker langka yang ada pada sel-sel tulang. Kanker tulang ini sangat jarang terjadi pada orang dewasa, kebanyakan penderitanya berasal dari kalangan anak-anak.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker tulang. Berikut adalah faktor penyebab kanker tulang, menurut American Cancer Society.

Selain berbagai perlalatan rumah tangga itu, kanker tulang juga bisa dipicu oleh pengobatan yang menggunakan radiasi. Meski  jumlahnya sedikit, orang-orang yang sebelumnya mendapat pengobatan dengan radiasi berpeluang memiliki risiko terserang kanker tulang.

Selain karena radiasi, kanker tulang juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, seperti kelainan genetik dan penyakit Paget pada tulang.   

Genetik bisa menjadi penyebab dari kanker tulang. Kanker tulang seperti osteosarcoma sebagian disebabkan oleh kelainan genetik. Dimana, gen yang dimiliki seorang manusia mengalami mutasi dan berujung pada perkembangan sel yang tidak terkontrol dan memunculkan kanker.

Sementara penyakit paget dapat menyerang satu atau beberapa bagian tulang sekaligus. Dampak dari penyakit ini dapat membuat struktur tulang dalam kondisi tidak normal. Penyakit ini kebanyakan juga menyerang pada orang-orang di kisaran usia 50 tahun. Osteosarcoma terjadi pada 1 persen orang yang memiliki penyakit paget sebelumnya, terlebih jika yang terserang paget adalah beberapa tulang sekaligus.

Kenali Gejala Kanker Tulang

Penyalkit langka ini seperti dilansir kembali dari American Cancer Society,  dapat dikenali dari berbagai gejalanya, seperti nyeri pada satu bagian tulang, pembengkakan,  dan tulang yang melemah.

Nyeri pada tulang adalah gejala umum dari kanker tulang. Awalnya, nyeri yang dirasakan tidak akan terlalu parah. Misalnya, nyeri tersebut terjadi saat malam hari saja atau ketika tulang-tulang yang terserang digunakan untuk beraktivitas. Selama kanker terus bertumbuh, selama itu pula rasa sakit akan dirasakan penderita dan akan semakin buruk jika digunakan untuk beraktivitas.

Pembengkakan juga menjadi gejala dari kanker tulang. Pembengkakan ini terjadi pada area tulang yang terdampak tidak terjadi secara langsung. Penderita akan merasa adanya benjolan pada tulang yang terserang kanker. Jika benjolan tersebut ada pada leher, ini akan membuat penderita kesulitan saat menelan makanan maupun bernafas.

Selain itu, tulang yang semakin melemh juga menjadi gejala munculnya kanker tulang. Kanker yang terjadi pada tulang dapat melemahkan tulang. Meski tak langsung membuat tulang itu retak atau patah, tapi para penderita akan merasakan rasa sakit. Rasa sakit tersebut datang tiba-tiba pada tulang dan dapat berlangsung selama beberapa bulan.

Jika mengalami gejala awal seperti disebutkan di atas, ada baiknya segera memeriksakan kepada ahlinya dan segera melakukan penanganan dan penyembuhan. Karena, tiap penyakit diciptakan disitu pula juga hadir penyembuhnya. Seperti dari riwayat hadits Bukhari yang berbunyi, “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat