Waspada Penyakit Ini jika Sering tak Cuci Tangan

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Penularan penyakit dapat terjadi apabila tangan seseorang tidak bersih akibat enggan mencuci tangan. Virus dan bakteri dapat dengan mudah menempel pada tangan sehingga menyebabkan berbagai penyakit.

Dokter Spesialis Anak, Kanya Fidzuno menyampaikan pesan agar tiap manusia rajin mencuci tangan demi kesehatan tubuh. “Semakin banyak memegang atau terpapar sesuatu maka akan semakin meningkatkan risiko terkena kuman penyakit,” jelasnya dilansir dari laman CNNIndonesia.

Selain itu, gara-gara tidak mencuci tangan, orang bisa saja mengalami keracunan makanan.

Tanya Mclntosh, seorang praktisi pengendalian infeksi di University of Kansas, Medical Center mengatakan, mencuci tangan adalah hal penting, termasuk saat memasak, demi mencegah kontaminasi silang.

“Makanan seperti daging mentah, sayuran dengan kotoran di atasnya atau telur dapat mengandung bakteri berbahaya yang dapat membuat Anda sakit jika tidak ditangani dengan benar,” ujarnya.

Keracunan makanan memang memiliki banyak penyebab namun salah satunya bisa diperparah oleh seseorang yang makan tanpa mencuci tangannya terlebih dahulu.

Selain keracunan makanan, berikut ini adalah penyakit yang dapat menyerang karena tangan tidak dicuci dengan bersih.

Batuk

Kanya menyebut, batuk merupakan penyakit yang paling banyak ditularkan dengan perantara tangan yang kotor. Biasanya, ini terjadi saat virus batuk hinggap di tangan. Lalu, bila tangan yang terinfeksi menyentuh mulut atau memegang makanan yang dimasukkan ke mulut, maka virus dapat masuk dengan mudah ke tubuh.

“Penyakit yang paling banyak ditemukan praktik klinik itu adalah batuk, terutama pada anak-anak karena sering lupa cuci tangan,” tuturnya.

Flu

Flu juga dapat ditularkan melalui virus yang menempel di tangan karena luput cuci tangan. Influenza dapat menyebabkan pilek, hidung tersumbat, dan berbagai infeksi saluran pernapasan atas lainnya.

Diare

Kanya menjelaskan diare adalah penyakit yang menular dari feses atau tinja. Virus, bakteri atau parasit dari feses dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan sering buang air besar dalam kondisi yang encer atau mencret.

“Banyak sekali orang dari kamar mandi lalu tidak mencuci tangan pakai sabu, ini berisiko menyebabkan diare,”ungkap Kanya yang praktik di RS Hermina Jatinegara ini.

Dalam mencegah timbulnya berbagai penyakit, Kanya menyarankan agar setiap orang mencuci tangan dengan bersih pada saat sebelum dan setelah makan dan dari kamar mandi. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat