Ini Waktu Tepat untuk Konsumsi Buah

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Buah merupakan nutrisi wajib sehari-hari. Ada yang memakan buah sebelum makan, ada pula yang sesudah makan. Lalu, bagaimana waktu terbaik untuk tubuh mengonsumsi buah? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Buah-buahan menjadi salah satu makanan kesehatan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Dengan konsumsi buah yang cukup, kebutuhan mikronutrisi tubuh pun dapat terpenuhi. Memang, buah-buahan mengandung gula yang disebut fruktosa. Namun, gula ini lebih sehat daripada gula dari makanan lain.

Manfaat mengonsumsi buah ini dapat kita optimalkan jika dimakan dalam waktu tertentu. Selain mengoptimalkan manfaatnya, jika dikonsumsi di waktu yang tepat juga dapat meminimalisasi risiko kesehatan.

Dilansir dari kompas, seorang pelatih gaya hidup mengatakan waktu terbaik untuk mengonsumsi buah adalah ketika perut dalam keadaan kosong. “Buah-buahan paling baik dicerna dalam perut kosong,” ujarnya.

Mengonsumsi buah di pagi hari ketika perut kosong dapat menjadi waktu terbaik. Selain itu, Luke juga menyarankan agar kita dapat mengontrol konsumsi buah. Karena, konsumsi buah-buahan berlebih dapat menyebabkan malabsorpsi dan iritasi fruktosa pada usus. Selain itu juga tidak menutup kemungkinan dapat membuat gula darah melonjak.

Di sisi lain, ahli gizi, Pooja Maholtra juga mengatakan bahwa konsumsi buah di pagi hari sangat baik. Namun, jangan mengonsumsi buah setelah makan. “Rata-rata kita mengonsumsi sekitar 300-400 kalori dalam sekali makan,” pungkasnya.

“Buah-buahan tidak boleh dikonsumsi setelah makan. Tidak boleh dicerna bersama dengan makananmu,” kata Pooja.

Karena, jika dikonsumsi secara bersamaan, maka bisa menimbulkan sembelit. Selain itu, juga dapat menambahkan penumpukan gas pada perut. Jika kita mengonsumsi buah langsung sebelum atau sesudah makan pun juga berisiko. Hal ini akan memicu pembuatan asam lambung berlebih, menyebabkan rasa terbakar, dan gangguan pencernaan.

Ia menyarankan untuk makan buah minimal 30 menit sebelum makanan utama. Dengan memanfaatkan waktu terbaik tersebut, manfaat nutrisi dari buah-buahan pun bisa dioptimalkan dan membuat kita lebih sehat.

Di sisi lain dalam liputan6, Pallavi Srivastava, ahli gizi sekaligus Pendiri Slim Fitness Studio juga setuju bahwa konsumsi buah terbaik dilakukan saat perut kosong. Selain itu, ia juga setuju jika konsumsi buah dilakukan ketika jam ngemil tiba.

“Konsumsi buah juga baik saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Serta pertengahan antara makan siang menuju makan malam,” jelasnya.

“Konsumsilah buah pada saat perut kosong. Karena, buah mengandung gula, serat, dan nutrisi yang tidak terlalu banyak, dan tubuh akan mudah menyerapnya. Jika dicampur dengan makanan berat maka bisa tidak tercerna dengan baik,” imbuhnya.(ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat