Tips Tetap Sehat saat Sedang Jalani Itikaf

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Tubuh yang sehat diperlukan untuk menjalankan itikaf atau berdiam diri di dalam masjid sebagai amalan yang kerap dilakukan umat Muslim pada 10 hari terakhir bulan suci Ramadan. Simak ulasan berikut untuk ketahui tips tetap sehat saat jalani itikaf, terutama di masa pandemi COVID-19.

Biasanya itikaf dimulai usai ibadah shalat Tarawih dilakukan hingga menjelang sahur. Selain shalat dan berdzikir, orang-orang yang beritikaf juga umumnya membaca Al Qur‘an. Ini artinya Muslim yang melakukan ibadah itikaf bisa duduk selama beberapa lama. Untuk itu, hal pertama yang perlu diperhatikan saat beritikaf adalah melakukan peregangan di sela-sela ibadah.

Terkait ini, dokter spesialis kedokteran olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Hario Tilarso menyarankan, peregangan ini bisa dilakukan 10 detik untuk melancarkan aliran darah ke otot, yang dapat mengurangi nyeri otot.

“Boleh peregangan untuk melancarkan aliran darah. Tahan 10 detik,” kata dia kepada Antara, melalui pesan singkat, Ahad (2/5).

Manfaat lain peregangan membantu mencegah nyeri punggung dengan memperkuat otot punggung dan mengurangi risiko ketegangan otot, menurut pakar kesehatan seperti dikutip dari laman Healthline.

Peregangan sendiri terbagi dua yakni statis dan dinamis. Pada peregangan statis seperti yang disarankan Hario, seseorang bisa menahan regangan dalam posisi yang nyaman selama jangka waktu tertentu, biasanya antara 10 dan 30 detik.

Sementara pada peregangan dinamis, yakni gerakan aktif yang menyebabkan otot Anda meregang. Jenis peregangan ini biasanya dilakukan sebelum latihan agar otot Anda siap bergerak.

Tak hanya peregangan, sebaiknya penuhi juga asupan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh melalui makanan bergizi seimbang serta minum air yang cukup.

Di sisi lain, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengingatkan orang-orang tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah tertular COVID-19 seperti menjaga jarak sekitar 1 meter dari orang lain termasuk saat shalat dan berwudhu, mengenakan masker dan menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan rutin terutama usai menyentuh benda-benda yang sering disentuh orang misalnya pegangan pintu, tangga, saklar, dan lainnya.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di . (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat