Tips Redakan Demam dengan Cepat

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Demam merupakan kondisi yang mudah dijumpai terutama bila kekebalan tubuh seseorang menurun. Untuk mengatasinya, ternyata ada cara-cara ampuh yang dapat digunakan selain obat apabila demam tersebut belum terlampau tinggi.

Anggota Royal College of Physicians, London Dr. Miriam Stoppard, dalam websitenya MiriamStoppard.com, ia mengatakan indikasi demam tinggi adalah suhu badan mencapai 38 derajat celcius, atau lebih tinggi.

Sebelum demam tersebeut terlampau tinggi, beberapa upaya efektif berikut dapat mencegah kenaikan suhu badan yang lebih tinggi, bahkan dapat mengatasi demam. Simak ulasannya.

Mandi dengan Air Hangat

Kebanyakan ketika demam terjadi, tindakan yang dilakukan adalah penghentian mandi untuk sementara. Padahal ini tidak dianjurkan. Justru para pakar menyarankan untuk mandi dengan air hangat agar demam cepat reda.

“Tidak mandi juga tidak boleh karena bikin tubuh tidak sehat. Disarankan untuk mandi air hangat, karena manfaatnya sama seperti tubuh saat dikompres,” ujar dr RHM Nawawi Akip, Kepala Dinas kota Lubuklinggau, Sumatra Selatan melalui Detik.

Menurutnya, air hangat ini bisa mempercepat terjadinya evaporasi karena adanya pelebaran pembuluh darah (dilatasi) sehingga pori-pori akan terbuka. Kemudian hawa panas dari dalam tubuh bisa keluar dan menguap.

Banyak Minum Air Putih

Selain ampuh menghaluskan kulit, air putih juga dikenal ampuh redakan demam jika diminum dalam jumlah yang banyak. Sebagaimana yang dikatakan dr. Attila, Spa, Duta ASI Indonesia dari Brawijaya Woman and Children Hospital melansir Detik.

“Jika suhu anak meningkat hingga 37 °C, bisa langsung diberikan air putih. Karena demam bisa disebabkan dari kurangnya konsumsi air atau dehidrasi,” ujarnya.

Apalagi jika yang terkena demam adalah anak-anak. Attila menjelaskan pengaturan keseimbangan cairan tubuh yang belum sempurna, oleh karenanya anak-anak membutuhkan cairan yang lebih banyak

Lebih lanjut ia menyebut kesadaran anak-anak akan kebutuhan cairan masih sangat rendah, untuk itu ia menekankan para orangtua untuk wajib memberikan cairan yang cukup pada buah hati.

Manfaatkan Kulit Pisang dan Buahnya

Tahun lalu, dilansir dari republika, mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menemukan kompres demam berbahan dasar kulit pisang. Dari temuan yang berhasil didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) tersebut menghasilkan fakta bahwa pisang ampuh meredakan demam dengan cepat. Temuan tersebut telah melalui proses uji penurunan suhu dan uji antibakteri dan teruji sebagai solusi efektif dalam menurunkan demam. Selain itu, buah pisang juga dapat dijadikan konsumsi aman untuk menurunkan demam dengan efektif. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat