Tips Memilih Susu yang Sehat untuk Dikonsumsi

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Setiap 1 Juni, diperingati sebagai Hari Susu Sedunia. Susu telah menjadi konsumsi sebagian besar masyarakat dunia sejak dahulu. Namun, susu memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Untuk itu, bijak dalam memilih susu yang sehat dan aman untuk dikonsumsi perlu dilakukan.

Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, produk susu mengandung lemak yang tinggi. Selain itu, produk seperti yoghurt, keju, dan makanan penutup berbahan dasar susu seperti es krim dan puding mungkin tidak memberi nutrisi yang sama dengan segelas susu, terutama terkait vitamin D.

Mengetahui apa yang harus dicari dan apa yang harus dihindari dalam memilih susu dapat membantu membuat pilihan terbaik saat membeli produk susu. Berikut ini adalah panduan dalam memilih susu:

Pilih yang bebas atau rendah lemak

Terlalu banyak lemak dalam makanan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung atau obesitas. Dalam susu sendiri, biasanya mengandung 3,25 persen lemak. Persentase tersebut mungkin kedengarannya bukan angka yang tinggi. Tetapi, setiap satu gelas penuh lemak sama dengan sekitar 25 persen dari asupan lemak jenuh harian.

Karenanya, produk susu dapat mengandung lemak jenuh yang terlalu tinggi dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. 

Perhatikan gula tambahan

Beberapa produk susu rendah lemak, seperti yoghurt atau es krim mungkin mengandung banyak gula tambahan untuk menggantikan lemak yang hilang. Untuk itu, sebelum memilih produk susu, disarankan untuk membaca dan membandingkan label nutrisi yang tertera.
 

Pilih yang sudah difortifikasi

Beberapa produk susu telah menambahkan vitamin dan mineral dan diberi label “fortifikasi”. Fortifikasi sangat penting jika Anda memilih pengganti susu seperti susu kedelai atau susu beras. Versi yang sudah difortifikasi dari produk ini akan mengandung kalsium dan vitamin yang biasanya bisa didapatkan dari susu biasa.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat