Tips Jitu Jaga Kesehatan Tulang

rs-alirsyadsurabaya.co.id-Kesehatan memang mahal harganya. Jika mental sudah sehat, fisikpun harus demikian. Menjaga organ tubuh tetap sehat, tulangpun demikian. Karenanya, melakukan langkah-langkah berikut dapat menjaga tulang tetap sehat.

Untuk mengoptimalkan ibadah bagi seorang muslim diperlukan tubuh yang sehat. Karena, kesehatan memang betul adanya hadir sebagai mahkota. Tubuhlah yang dapat mengoptimalkan ibadah kita agar dicintai oleh Allah. Seperti dalam Hadits Riwayat Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menyebutkan, “Orang beriman yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada orang beriman yang lemah dan pada keduanya ada kebaikan.”

Di sisi lain, membahas soal kesehatan tubuh, kesehatan tulang seringkali terabaikan. Padahal banyak aktivitas keseharian yang bisa saja mengganggu kesehatan tulang. Memang tidak berdampak begitu saja, tapi di kemudian hari siapa tahu ? Ada banyak cara untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan tidak mengganggu aktivitas keseharian Anda.

Beberapa cara tersebut seperti yang dipaparkan oleh dr. L. Andre Pontoh, Sp.OT(K), seorang dokter dari Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta.

  1. Menjaga Asupan Makanan

Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat menentukan tingkat kesehatan. Tak ayal, jika makan makanan sehat maka tubuh pun sehat, begitu pula sebaliknya. Untuk menjaga kesehatan tulang disarankan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dan vitamin D. Makan tersebut di antaranya, bayam, sawi hijau, ikan sarden, ataupun ikan salmon. Dan juga ada baiknya menghindari konsumsi berlebihan dari asupan yang tinggi sodium. Karena, sodium tersebut yang dapat menghancurkan kalsium.

 

  1. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan ternyata juga memiliki hubungan dengan kesehatan tulang. Jika berat badan melebihi batas normal, maka hal tersebut akan membuat tulang bersusah payah menopang tubuh Anda. Jika hal demikian terus berlanjut di kemudian hari tulang-tulang Anda akan cidera. Misal, pada tulang lutut yang menopang tubuh Anda.

 

  1. Bersepeda

Menjaga tulang selain dari asupan juga dapat dilakukan dengan berolahraga. Beberapa olahraga dapat membuat tulang lebih sehat dan mencegah pengeroposan. Namun, tetap pilihlah olahraga yang benar-benar aman untuk sendi dan tulang. Bersepeda merupakan pilihan olahraga terbaik untuk menjaga kesehatan tulang.

 

  1. Kurangi Naik Turun Tangga

Selama ini banyak anggapan bahwa naik turun tangga dapat menyehatkan tulang. Faktanya, kegiatan ini jika kerap dilakukan akan berdampak pada pengapuran tulang dini pada lutut. Aktivitas ini baik untuk menjaga kesehatan jantung dan bukan pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan tulang.

 

  1. Hati-hati Memilih Sepatu

Siapa sangka sepatu dapat membawa petaka ? namun begitulah faktanya. Khususnya bagi perempuan ketika high heels menjadi pilihan mereka. Jika mereka tetap menggunakan model sepatu yang demikian dan tanpa ada perawatan yang mumpuni, bukan tidak mungkin juga berdampak buruk bagi tulang. Karenanya, bagi para perempuan di rekomendasikan menggunakan sepatu high heels dengan tinggi maksimal 4 cm, lebih baik lagi jika diselingi dengan menggunakan flat shoes.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, pengapuran tulang dini dapat dihindari. Tulang pun akan senantiasa sehat dan siap menopang tubuh Anda selama beraktivitas. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat