Tips Jaga Kesehatan Kulit Selama di Ruang Ber-AC

Pada kenyataannya, penggunaan Air Conditioner (AC) dengan intensitas sering dan lama dapat berdampak buruk untuk kesehatan kulit. Yakni membuat kulit kering, kusam dan rentan mengalami penuaan dini. Namun Anda dapat menyiasatinya dengan cara berikut.

Jaga Kelembaban dengan Lotion

Dr. Kshama Vibhakar, konsultan dermatologis menyarankan untuk menggunakan lotion dalam rangka menjaga kelembaban kulit selama bekerja di ruangan ber-AC. Ia menekankan untuk menggunakan lotion, bukan krim.

“Gunakan lotion untuk melembabkan kulit, bukan krim. Oleskan pada leher, muka, siku, dan lutut. Lotion berbasis air akan lebih melembabkan,” paparnya dalam Kompas.

Cukupi Kebutuhan Air Minum

Kemudian, minum banyak air untuk menjaga kulit tetap lembab. Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM Fiastuti Witjaksono menambahkan, seseorang mengeluarkan cairan dari tubuh sekitar 1300-3500 ml per hari tergantung kondisi dan aktivitas tubuh. Cairan tak hanya keluar dari saluran kemih, tetapi juga saluran napas dan kulit. Oleh karenanya, minum air sangat diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar.

“Kalau kita di ruang ber-AC, kelembabannya rendah, jadi kita akan mengeluarkan cairan,” terang Fiastuti.

Kelembaban udara dalam ruangan ber-AC menyebabkan penguapan air melalui kulit menjadi lebih banyak. Tanpa kita sadari, kekurangan cairan bisa menurunkan konsentrasi atau sulit fokus. Kondisi ini, tentu dapat mengganggu kinerja di kantor.

Lakukan Scrubbing

Scrubbing berguna untuk mengelupas sel kulit mati. Sel kulit mati inilah yang membuat kulit terlihat kusam, tidak sehat, dan kasar. Dilansir dari beautynesia, scrubbing dapat dilakukan dengan cara mengoleskan bahan scrub ke area kulit, mendiamkannya selama 15 menit dan menggosokannya hingga sel kulit mati terkelupas. Jangan lupa perhatikan cara aman untuk melakukan scrubbing.

Konsumsi Madu

Madu memiliki kualitas sebagai humektan sehingga sering digunakan sebagai pelembab dalam berbagai jenis kosmetik. Madu tidak hanya mengikat air tetapi juga mempertahankan kesehatan kulit dari dalam, sehingga tetap kenyal dan elastis, disamping juga melindungi kulit dari keriput dan kekeringan.

Rutin Konsumsi Buah

Menurut Dr. Josh Axe, DNM, DC, CNS, seorang dokter chiropractic sekaligus ahli gizi klinis, mengungkapkan dalam hellosehat bahwa manusia sangat membutuhkan makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satu kandungan tersebut berada pada buah-buahan

Buah stroberi misalnya. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makan makanan kaya vitamin C, seperti stroberi, membantu memperlambat munculnya keriput dan masalah kulit kering akibat proses penuaan. Oleh karena itu rutin mengonsumsi buah dapat menjaga elastisitas dan kesehatan kulit meski kerap berada di ruang ber-AC. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat