Tips Ampuh Redakan Gigi Ngilu dengan Cepat

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Ngilu pada gigi biasa terjadi pada gigi sensitif. Umumnya, hal ini terjadi setelah mengonsumsi makanan atau minuman dengan suhu dingin, panas, asam, atau manis.Bila begitu, maka tips berikut dapat menjadi senjata ampuh Anda untuk atasi gigi ngilu dengan cepat.

Munculnya rasa ngilu pada gigi dikarenakan terbukanya tubuli dentin akibat lapisan pelindung gigi yang terkikis. Tubuli dentin memiliki rongga-rongga, dan jika terkena suatu rangsangan, orang yang memiliki gigi sensitif akan merasa ngilu.Maka untuk perawatan gigi sensitif, dibutuhkan perawatan khusus.

Gunakan Pasta Gigi Khusus

Bagi Anda yang mempunyai gigi sensitif, cara cepat yang dapat dilakukan untuk menanganinya adalah dengan memilih pasta gigi khusus gigi sensitif. Karena menurut tim dari Klikdokter, pasta gigi khusus memiliki kandungan yang terbukti secara klinis dapat menangani gigi ngilu dengan cepat, yaitu strontium acetate. Zat itulah yang berfungsi untuk menghalangi tubuli dentin yang terbuka, sehingga rangsangan yang dapat memicu rasa sensitif pada gigi tidak sampai ke saraf.

Menurut penelitian yang dimuat di Journal of Clinical Periodontology tahun 2004 dan Journal of Clinical Dentistry tahun 2010, mengaplikasikan langsung formula strontium acetate pada gigi akan membentuk oklusi yang cepat dan dalam, sehingga mengurangi sensasi ngilu akibat gigi sensitif. Maksud dari aplikasi langsung adalah mengoleskan pasta gigi menggunakan jari ke area gigi sensitif.

Statement ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan drg.Robert Lessang, Sp.Perio, dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia tahun 2007 terhadap pemakaian Sensodyne, salah satu merk pasta gigi khusus gigi sensitif.

Hasilnya menunjukkan bahwa pemakaian pasta gigi tersebut dalam 2-8 minggu mampu mengurangi gejala ngilu secara signifikan. “Hasil studi juga menyatakan penggunaan setiap hari mampu mencegah rasa ngilunya datang kembali,” katanya.

Gunakan Larutan Garam

Garam dapat digunakan sebagai mengobati sakit gigi yang mujarab. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut Anda. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

Sebuah evaluasi di tahun 2010, sebagaimana dikutip dari Kompas menemukan, menggunakan obat kumur air garam setiap hari membantu menurunkan jumlah bakteri berbahaya yang ditemukan dalam air liur. Oleh karenanya garam dapat dimanfaatkan untuk atasi gigi ngilu. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat