Tingkatkan Fungsi Otak dengan Rutin Minum Teh Saat Pagi

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Mengonsumsi teh setiap pagi dengan terartur ternyata dapat meningkatkan fungsi otak secara maksimal. Otak akan dapat bekerja lebih baik daripada mereka yang tidak rutin minum teh.

Teh bermanfaat untuk membuat cairan tubuh terpenuhi, teh memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Selain itu, bisa mengurangi risiko penggumpalan darah dan penyakit jantung, serta mencegah kerusakan gigi.

Dilansir dari Kompas.com, sebuah penelitian dari National University of Singapore (NUS) membuktikan bahwa teh ternyata juga dapat meningkatkan kesegaran otak bagi seseorang yang teratur mengonsumsinya.

Penelitian yang dilakukan oleh NUS tersebut mengambil sampel dari 36 orang yang berusia di atas 60 tahun. Dari sampel tersebut, orang yang mengonsumsi berbagai jenis teh, memiliki daerah otak yang saling berhubungan dengan cara lebih efisien daripada mereka yang tidak meminumnya.

Hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam The Scientific Journal of Aging mengungkapkan bahwa wilayah otak lebih terorganisir apabila terkait dengan fungsi kognitif yang baik, seperti pada umumnya, fungsi kognitif manusia seringkali menurun seiring bertambahnya usia.

Menurut Anisa Wahyuningtyas Agustin, A.Md. Gz selaku Ahli Gizi di Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya juga setuju apabila kandungan yang ada dalam teh memiliki fungsi untuk meningkatkan kinerja otak.

“Kandungan kafein di dalam teh dapat mencegah terjadinya penurunan fungsi kognitif, jadi baik untuk otak, Kafein ini juga dapat memberikan efek rangsangan, kandungan L-theanine memberikan efek baik untuk otak” ujarnya.

Nisa kemudian menambahkan bahwa orang yang minum teh secara teratur tentunya memiliki efek perlindungan terhadap kemampuan organisasi otak sesuai dengan faktor usia.

“Semakin tua kadang dapat diserang penyakit degeneratif, dan ketika mereka minum teh dengan rutin maka koneksi antar daerah pada otak lebih terstruktur, maka pemrosesan informasi dapat dilakukan dengan lebih efisien,” lanjutnya.

Dengan konsumsi teh terutama teh hijau, dapat menurunkan bioaktif dalam kandungan pada teh terhadap penurunan kognitif. Sehingga dapat mencegah gangguan koneksi antar wilayah. Untuk itu, diharapkan bagi seseorang yang ingin meningkatkan fungsi otaknya, ada baiknya mengonsumsi teh secara teratur di pagi hari.

Namun meski begitu, terlalu banyak atau berlebihan dalam mengonsumsi teh juga tidak baik bagi kesehatan. Hal ini karena konsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan insomnia, kadar potassium rendah hingga gangguan kecemasan. Sehingga, konsumsilah sesuai dengan takarannya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat