Tidur Setelah Sahur, Ancaman berbagai Bahaya Kesehatan

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Bagi kita muslim yang sedang berpuasa, ada baiknya mempertimbangkan untuk tidak tidur setelah sahur, meski rasa kantuk mendera. Sebab beberapa riset membuktikan tidur setelah sahur berbahaya bagi kesehatan.

Di sisi lain, langsung tidur setelah sahur ternyata tidak dianjurkan dalam Islam dan beberapa ulama menjelaskan hukumnya adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan). Selain itu, kurang baik juga untuk pola hidup yang sehat.

Risiko Penyakit Stroke

Stroke bisa mengancam Anda yang langsung tidur usai makan sahur. Seperti dilansir Livestrong, sebuah studi dari University of Ioannina Medical School di Yunani menemukan orang yang memberikan jeda paling lama tidur setelah makan berisiko terendah terkena stroke di kemudian hari.

Studi ini melibatkan 500 orang sehat. 250 orang sebelumnya mengalami stroke dan 250 yang didiagnosis dengan sindrom koroner akut. Namun, jika benar-benar tak bisa menahan kantuk usai santap sahur, konsultan gastroenterologi hepatologi dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH menyarankan agar tidak langsung tidur dalam posisi rebahan. Kamu bisa duduk dalam posisi duduk atau setengah rebahan.

Menimbun Lemak

Sebuah penelitian melaporkan bahwa kebiasaan langsung tidur setelah sahur yang dilakukan orang-orang keturunan keluarga gemuk dapat meningkatkan risiko kegemukan (obesitas) hingga dua kali lipat.

Ini karena makanan yang masuk ke perut tidak langsung dicerna oleh lambung ketika Anda terlelap. Kalori dari makanan tersebut justru akan disimpan dalam bentuk lemak. Terlebih jika makanan sahur Anda tinggi karbohidrat, lemak, dan serba digoreng.

Jeremy Barnes, profesor dari Southeast Missouri State University, melansir Hellosehat, menjelaskan selama kita tidur, otak justru merangsang lambung untuk meningkatkan kadar hormon grehlin yang membuat kita merasa lebih lapar ketika bangun.

Meningkatkan Asam Lambung

Anda yang punya sakit maag ada baiknya hindari kebiasaan tidur setelah sahur. Tidur setelah makan membuat sistem pencernaan Anda kesulitan mencerna makanan yang masuk. Hal ini akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan Anda, salah satunya adalah asam lambung naik.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan tidur setelah subuh karena waktu itu juga turunnya rezeki dan berkah. Sebagaimana Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata,

“Tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu mahluk mencari rezeki mereka dan waktu dibagikannya rezeki. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang [makruh] kecuali ada penyebab atau keperluan.” (Zadul Ma’ad fi Hadyi Khairil ‘Ibaad 4/222, Muassah Risalah, Beirut, cet. Ke-27, 1415 H). (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat