Tidur Berkualitas Selama Kehamilan, Begini Caranya

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Kehamilan menghadirkan banyak tantangan bagi calon ibu. Kecamuk perasaan senang, cemas, juga pengaruh hormonal, dan perubahan fisik, membuat ibu hamil bisa kesulitan mendapat tidur berkualitas.

Untuk mengatasi gangguan tidur pada ibu hamil, ada beberapa strategi perilaku kognitif yang disinyalir dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Di antaranya ialah tujuh saran untuk ibu hamil dari pakar insomnia Inggris, Tracy Hannigan, dikutip dari laman Female First, Senin (24/5).

Manfaatkan bantal

Saat perut membesar, ibu hamil mungkin disarankan untuk tidak tidur telentang. Supaya tidur menyamping terasa nyaman, gunakan bantal untuk menopang badan. Bisa menyelipkan di antara lutut atau meletakkan bantal di antara perut dan kasur.

Stok camilan

Sebagian ibu hamil sering lapar atau mengalami mual di malam hari. Menyediakan camilan di meja samping tempat tidur bisa menjadi penyelamat saat larut. Trik ini dapat membantu menghindari perjalanan ke dapur atau ke lemari es.

Tetap aktif

Sepanjang dokter atau bidan mengatakan bahwa ibu aman untuk berolahraga selama kehamilan, maka ibu sebaiknya terus aktif bergerak. Lebih banyak olahraga di siang hari dapat membantu menciptakan dorongan tidur, sehingga memungkinkan tertidur lebih cepat di malam hari

Redupkan penerangan

Redupkan penerangan atau matikan lampu di kamar tidur saat malam hari. Ini juga bisa meminimalisasi dampak bolak-balik ke toilet. Setelah selesai ke toilet, menggunakan tingkat cahaya minimal akan lebih membantu lekas kembali tidur.

Kendalikan stres

Merencanakan dan mempersiapkan berbagai hal memang baik. Namun, perlu diingat bahwa kenyataannya seseorang tidak dapat memprediksi segalanya. Ibu harus menghindari stres dan tetap rileks selama kehamilan agar masalah tidak terbawa ke tempat tidur.

Obati refluks

Refluks lambung sering terjadi pada ibu hamil. Ini juga merupakan penyebab tak kentara dari insomnia, bahkan pada banyak orang yang tidak hamil. Konsultasikan dengan dokter tentang cara aman mengobati refluks pada ibu agar perut lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak.

Waspadai dengkuran

Jika suami mengatakan ibu mulai mendengkur secara berlebihan, maka ibu sebaiknya segera menemui dokter. Penambahan berat badan dan perubahan hormonal yang memengaruhi jaringan lunak dapat menyebabkan dengkuran serta dapat memicu tekanan darah tinggi.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat