Tetap Bergerak di Masa Isolasi Mandiri dengan Lakukan Jenis Olahraga Ini

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Di tengah anjuran tinggal di rumah selama pandemi Covid-19 terjadi, aktivitas olahraga menjadi sarana yang tepat untuk mengisi kebosanan sekaligus sebagai upaya menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sony Hilal, Dokter Spesialis Jantung menyampaikan bahwa berolahraga di dalam rumah lebih baik dilakukan dalam keadaan saat ini, meskipun olahraga di luar ruangan masih tebilang aman selama membuat jarak dan menghindari kerumunan.

“Sebaiknya, olahrga dilakukan di dalam rumah saja, bisa dengan squad, push up, sit up, kemudian mungkin jumping jack, lari di tempat, yoga, dan semacamnya,” ujarnya.

Sesuai dengan studi dari New England Journal of Medicine yang mencatat bahwa ada kemungkinan virus corona bertahan di aerosol. Aerosol tersebut bisa bertahan 10-30 menit di udara dan ketika jatuh karena gravitasi dapat menempel pada benda. Dengan begitu, Sony menganjurkan tiap orang untuk berolahraga di dalam rumah saja.

Selain itu, ada baiknya bila sesekali berjemur di bawah sinar matahari setidaknya tiga kali dalam seminggu dan menghirup udara segar. “Cukup di depan teras rumah, lima belas menit saja di tengah siang hari maksimal tiga kali seminggu cukup,” imbuhnya dilansir dari cnnindonesia.com.

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh mereka yang melakukan isolasi mandiri maupun yang bekerja di rumah mengutip dari liputan6.com:

Yoga

Yoga merupakan pilihan olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Tak perlu melakukan gerakan yang rumit, cukup lakukan beberapa gerakan yoga simpel yang sudah dipelajari sendiri, seperti, tree posecat-cow, dan mountain pose.

Peneliti dari Texas State University, Stacy Hunter, juga mengatakan bahwa kita setidaknya bisa melakukan pranayama atau teknik pernapasan yoga simpel. Olahraga ini dapat meregangkan otot dan membakar kalori untuk mengurangi berat tubuh seseorang.

Jogging

Jogging atau berlari tidak hanya bisa dilakukan di tempat umum atau di luar rumah. Bisa juga melakukan jogging di rumah dengan berlari di tempat atau menggunakan treadmill.

Aerobik atau Zumba

Olahraga seperti aerobik atau zumba memang lebih menyenangkan jika dilakukan beramai-ramai saat berada di tempat latihan. Namun bukan berarti dua olahraga ini tak bisa dilakukan di rumah, apalagi di saat melakukan isolasi mandiri.

Agar tetap menyenangkan, sebaiknya putar lagu dan panduan aerobik atau zumba di televisi atau gawai untuk memberikan suasana yang mirip dengan di tempat latihan. Lakukan kurang lebih selama 30 menit tiap sore hari untuk mendapatkan hasil olahraga yang maksimal.

Skipping

Bila menginginkan olahraga yang simpel maka olahraga satu ini solusinya. Skipping atau lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah dan tetap bisa membuat tiap orang berkeringat dan meregangkan otot. Sebaiknya lakukan olahraga ini setelah melakukan peregangan. Lakukan 15 sampai 20 menit per hari.

Olahraga Kardio

Olahraga kardio dikenal efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan melindungi jantung dari ragam gangguan. Olahraga ini bisa dilakukan di rumah tanpa peralatan.

Beberapa gerakan yang bisa kamu coba seperti, high knees yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggerakkan otot utama pada bagian paha dan betis pada kecepatan tertentu. Cukup lakukan 30 menit per hari. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat