TBC Berisiko pada Janin, Ibu Hamil Perlu Segera Diobati

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Pada kondisi hamil, perempuan juga rentan terserang tuberculosis (TB). Penyakit ini ternyata dapat berdampak serius pada janin. Maka dari itu, jika merasa ada gejala, ibu hamil sebaiknya segera memeriksakan diri dan menjalani pengobatan.

TB adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis yang dapat menular melalui percikan dahak. Kondisi hamil yang mudah terjadi penurunan imunitas, membuat perkembangan kuman TB dapat membahayakan ibu dan janin.

Oleh sebab itu, jika ibu sudah punya kuman dalam tubuhnya, kemudian dia hamil dan sistem imunnya turun, kuman TB bisa aktif dan berkembang dalam tubuh. Karenanya, penting menjaga kondisi tubuh dengan baik saat hamil. Konsumsi makanan bergizi tak hanya untuk janin, tapi juga agar imunitas ibu meningkat.

Namun, jika ibu hamil positif TB, pengobatan yang diberikan pada ibu hamil akan sama pada penanganan pasien TB pada umumnya. Perbedaannya adalah tidak diberikan obat suntik jenis streptomisin, sebab dapat menimbulkan efek samping berupa risiko berkurangnya pendengaran atau tuli pada calon bayi.

“Jika ibu hamil merasakan batuk yang tak mereda selama berminggu-minggu atau merasakan nyeri di dada ketika bernafas dan batuk, sebaiknya segera periksakan ke dokter,” kata dr. Ariefandy Pambudi, Sp.OG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi, RS Al Irsyad.

Ibu hamil positif TB pun diimbau untuk terus melanjutkan pengobatan. Hal ini agar jika kuman menyebar, maka tidak akan berdampak buruk pada bayi. Meski kejadiannya jarang, kuman bisa berpindah ke bayi melalui plasenta, sehingga bayi akan mengalami berat badan lahir rendah (BBLR).

Bila ibu positif TB saat hamil, maka sebaiknya segera sampaikan kondisi tersebut ke dokter kandungan. Penting diketahui, obat minum TB harus dikonsumsi dan tidak boleh dihentikan sembarangan pemberiannya. Obat pengobatan TB pun tidak berbahaya bagi ibu dan janin, namun harus selalu dikonsultasikan dengan dokter.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat