Tanpa Doping, Hal-hal Berikut Terbukti Ampuh Menambah Energi

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Berbagai cara dilakukan untuk menambah energi tubuh. Salah satunya doping atau menggunakan zat kimia tertentu yang bisa memicu energi. Hal ini, tentu sangat tidak disarankan, karena berdampak buruk bagi tubuh. Namun ada hal-hal yang bisa dilakukan atau dikonsumsi yang ampuh menambah energy.

Hal-hal di bawah ini dapat dilakukan atau dikonsumsi, selain mudah juga sangat menyehatkan bagi tubuh.

Luangkan Waktu ke Luar Ruangan

Jika Anda lebih sering menghabiskan waktu dalam ruangan, luangkan waktu sejenak untuk menikmati hangatnya sinar matahari. dr. Jeffrey Durmer, seorang kepala petugas medis di FusionSleep Center di Atlanta, dilansir dari hellosehat, menjelaskan bahwa pancaran sinar matahari dapat menstimulasi pada kerja otak, guna memberi isyarat pada tubuh untuk meningkatkan energinya.

Otak pun agar merasa jauh lebih segar karena tidak terus-menerus ada di dalam ruangan. Pasalnya, sinar matahari dapat menghentikan produksi hormon melatonin, yakni hormon yang memicu rasa kantuk. Akhirnya, tubuh akan merasa lebih bertenaga dan tidak mudah lelah.

Konsumsi Selai Kacang

Dilansir dari food.ndtv.com, ternyata camilan super yang berfungsi sebagai penambah energi dalam tubuh adalah olahan selai kacang yang baik. Kaya akan lemak dan protein sehat, selai kacang bila dikonsumsi dengan karbohidrat kompleks, diketahui dapat mempertahankan rasa kenyang, sekaligus meningkatkan stamina dalam sekejap.

Tidur Cukup

Penting sekali memberi waktu istirahat yang cukup untuk tubuh. Dilansir dari boldsky, waktu tidur yang cukup adalah 3 hingga 4 jam dalam sehari. Meski memang Anda dikejar deadline, jangan sampai terbiasa tidur hanya 3-4 jam sehari. Mesin saja butuh istirahat, apalagi Anda. Jika tidak bisa tidur 8 jam sehari, maka pastikan Anda memiliki paling sedikit 6 jam tidur. Tidur akan membuat Anda lebih siap menghadapi pekerjaan Anda.

Konsumsi Air Kelapa sebagai Pengganti Minuman Berenergi

Dijelaskan oleh pakar gizi lulusan Universitas Indonesia, Dr. Fiastuti Witjaksono, SpKG, bahwa air kelapa tidak hanya banyak mengandung air tapi juga kaya mineral yang diperlukan tubuh untuk tetap segar dan bertenaga.

“Berdasarkan United States Department of Agriculture, dalam 100 gram air kelapa terkandung 94,99 persen air dan mengandung 250 gram potassium, serta 25 mg magnesium,” ujarnya dalam Detik.

Potassium merupakan mineral yang diperlukan untuk membantu melancarkan peredaran darah dan kerja jantung. Sementara magnesium berperan dalam menjaga metabolisme energi serta membantu otot tubuh berfungsi secara normal saat beraktivitas.

Selain itu di dalam 100 gram air kelapa juga mengandung kalsium sebanyak 24 gram, zat besi, sodium serta serat meskipun jumlahnya terbilang sedikit yaitu sebanyak 1,1 gram.

Oleh karenanya, saat beraktivitas berat atau sedang, disarankan meminum air kelapa sebanyak 1-2 gelas sehari. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat