Talkshow Kesehatan: Memahami Peran dan Tugas Seorang Dokter

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Menjadi seorang dokter yang profesional dibutuhkan dedikasi dan integritas yang tinggi. Sekadar menjaga kesehatan masyarakat menjadi hal yang krusial. Maka dari itu, edukasi pada khalayak itu penting agar mereka memahami peran dan tugas seorang dokter.

Sabtu (23/10), RS Al Irsyad bersama Suara Muslim Radio Network kembali mengadakan gelar wicara. Kali ini gelar wicara mengangkat tema peran dan tugas seorang dokter dalam menjaga kesehatan masyarakat. Tema ini diangkat sekaligus untuk memperingati Hari Dokter Nasional.

Pada gelar wicara tersebut, dr. Hj. R. Dian Anggraini menjadi pengisi acara. Ia menjelaskan secara umum peran dan tugas seorang dokter dan rumah sakit. Terutama pada saat pandemi COVID-19.

“Tugas dan peran dokter makin nyata sebagai garda terdepan untuk menjaga kesehatan masyarakat di musim pandemi. Peran kami untuk mengedukasi pentingnya kesehatan masyarakat, terutama untuk menjaga prokes saat pandemi ini,” katanya.

Selain melakukan kampanye tersebut, para dokter juga bertugas menjadi teladan bagi masyarakat. Dokter-dokter akan menjadi teladan tentang bagaimana menjaga protokol kesehatan yang benar seperti, memakai masker, menjaga jarak antar individu, sering mencuci tangan, dan lain-lain.

Selanjutnya, dari sisi medis, para dokter juga bertugas untuk memberikan dan melakukan pengobatan pada masyarakat. Para dokter akan sangat terbuka untuk masyarakat yang butuh edukasi dan konsultasi tentang keluhan penyakitnya.

Kemudian, di RS Al Irsyad sendiri, pihak manajemen tak hanya berdedikasi melayani para pasiennya namun juga para staff rumah sakit termasuk dokternya. Pihak manajemen selalu mendukung para dokter dan melatih mereka menjadi lebih baik.

“Demi meningkatkan kualitas para dokter, RS Al Irsyad berkomitmen untuk mendukung para dokter agar lebih baik. Tiap ada pelatihan baik untuk sisi medis maupun pelayanan, kami akan selalu membersamai mereka,” imbuh dr. Dian.

Dr. Dian bersama manajemen RS lain benar-benar berupaya keras menjaga kualitas para doktenrya. Mereka benar-benar berkomitmen agar para dokternya tidak kalah saing dengan dokter-dokter luar negeri.

Di sisi lain, alur pelayanan di RS Al Irsyad pun sangat memudahkan kedua belah pihak. Baik untuk para staff RS maupun para pasiennya. Pada sisi pasien, jika mereka tidak ada status kegawatdaruratan, mereka dapat melakukan screening dan pendaftaran terlebih dahulu. Setelah itu, mereka akan mendapatkan antrian untuk ke poli yang dituju dan diminta menunggu giliran periksa ke poli.

RS Al Irsyad sangat peduli terhadap keselamatan pasien dan staffnya di masa pandemi ini. Di dalam ruangan poli telah disiapkan hand sanitizer, partisi untuk jarak antara pasien dan dokter, serta kewajiban memakai masker dan gown ketika dokter bertugas.

“Kami sudah memastikan bahwa kegiatan medis yang dilakukan di RS terjamin sangat aman. Segala hal untuk mendukung protokol kesehatan telah kami persiapkan dengan baik,” pungkas dokter yang juga Kepala Bagian Rawat Jalan RS Al Irsyad itu. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat