Talk Show Kesehatan Tentang Pentingnya Kebersihan Gigi dan Mulut

Selama berpuasa di Bulan Suci Ramadhan, kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut tidak boleh terlupakan. Jangan biarkan sakit gigi dapat mengganggu kenyamanan dan kekhusyukan beribadah.

Itu disampaikan drg Murni Fadhillah, salah satu dokter gigi yang bertugas di RS Al Irsyad Surabaya saat talk show dengan topik ‘Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Selama Puasa Ramadhan’ di radio Suara Muslim Surabaya, Sabtu (19/3/2022).

“Sebaiknya menjelang Ramadhan, masyarakat dapat mengecek apakah ada masalah di gigi. Apakah ada lubang, karang gigi ataukah ada yang perlu dicabut agar saat puasa nanti tidak terganggu dengan rasa sakit,” kata drg Murni Fadhillah.

Ia meminta agar masyarakat tidak takut untuk memeriksakan gigi meskipun di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Jangan takut bertemu dengan dokter gigi. Kami (RS Al Irsyad Surabaya red) sudah membekali diri dengan APD. Jadi tenang,” ujarnya sambil menyebutkan jika poli gigi di rumah sakit yang berada di Jalan KH Mas Mansyur Surabaya itu [memiliki 3 orang dokter gigi umum dan 9 dokter gigi spesialis].

Menurutnya, periksa gigi saat masyarakat berpuasa sebenarnya tidak masalah karena niatnya berobat. Dengan rutin memeriksakan diri ke dokter gigi, maka masalah kesehatan mulut akan tertangani.
Untuk masalah bau mulut ketika berpuasa, drg Murni menjelaskan jika ibadah puasa menyebabkan air liur berkurang [karena asupan cairan ke dalam tubuh frekuensi nya berkurang juga].

Bau mulut bisa terjadi jika ada bakteri, kotoran, gigi berlubang, tumpukan karang gigi, merokok,  pengkonsumsi alkohol, pemakaian / pembersihan gigi palsu yg kurang tepat, hingga pengkonsumsi obat-obatan dan kondisi kesehatan tertentu.

“Karena ada gigi yg berlubang. Sisa makanan menumpuk, pembersihan saat menyikat gigi kurang bersih. Itu yg menyebabkan bau mulut,” paparnya.

Ia meminta agar masyarakat mengurangi makanan yang terlalu manis karena dapat mengakibatkan gigi berlubang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat