Tak Baik untuk Sering Dikonsumsi, Ini Bahaya Ayam Goreng

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Ayam goreng merupakan salah satu menu yang difavoritkan oleh masyarakat. Baik disajikan oleh restoran fast food, ataupun dimasak sendiri. Namun bila rutin mengonsumsinya, ternyata dapat membahayakan tubuh. Berikut hasil riset Wei Bao, profesor epidemiologi di Iowa University, AS, dan riset para pakar lainnya.

Studi Wei Bao dilakukan terhadap wanita Amerika Serikat yang memasuki masa pasca-menopause, studi tersebut dipublikasikan dalam BMJ Journal. Studi tersebut menyoroti pembatasan konsumsi makanan yang diproses dengan penggorengan, khususnya ayam dan ikan.

Wanita yang menikmati ayam goreng sekali atau lebih per hari berisiko kematian 13 persen lebih tinggi. Sementara wanita yang mengonsumsi ikan goreng atau kerang setiap hari berisiko 7 persen lebih tinggi terhadap kematian.

“Kami tahu konsumsi makanan yang digoreng adalah sesuatu yang sangat umum di AS dan juga seluruh dunia. Kami ingin tahu efek jangka panjang dari konsumsi makanan yang digoreng,” ujar penulis utama studi, Wei Bao, yang merupakan profesor epidemiologi di Iowa University, AS, mengutip CNN.

Sebuah studi pada 2017 juga menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi kentang goreng dua kali atau lebih dalam sepekan secara tidak langsung menggandakan risiko kematian dini.

Ahli nutrisi dari British Nutrition Foundation, Bridgen Benelam, percaya bahwa ada sejumlah alasan mengapa ayam dan ikan goreng berdampak buruk pada kesehatan. Padahal, kedua makanan itu dikenal kaya protein.

“Meningkatnya kandungan lemak dan dampak menggoreng pada suhu tinggi dapat mendorong produksi lemak trans dan senyawa berbahaya lainnya yang disebut glikasi,” ujar Benelam, dikutip dari cnnindonesia.

Jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi ayam yang disuntikkan hormon dapat menganggu kesehatan sistem reproduksi. Mengonsumsinya terlalu banyak bisa mengacaukan kerja hormon alami tubuh dan meningkatkan berbagai risiko penyakit. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat