Ini Suhu Tubuh Ideal pada Bayi

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Penting bagi para orangtua untuk mengetahui tanda demam pada bayi. Salah satunya dengan mengetahui suhu tubuh ideal pada bayi.

Berdasarkan data American Academy of Pediatrics, dilansir dari Sindonews, suhu tubuh normal untuk bayi yang sehat, yakni antara 97 derajat dan 100, 4 derajat Fahrenheit (yaitu 36 derajat hingga 38 derajat Celcius). Demam dapat diidentifikasi jika suhu rektum adalah apa pun di luar rentang normal ini.

Hipotermi dan Hipertermia, Tanda Suhu Tubuh Bayi Tidak Normal

Beberapa keadaan suhu tubuh bayi yang tidak normal sebagaimana dijelaskan tim dari Alodokter adalah hipotermi dan hipertemia.

Hipotermi adalah kondisi saat suhu tubuh rendah pada bayi, faktor utamanya disebabkan karena adanya penurunan suhu udara. Pada bayi yang dibiarkan terlalu lama di ruangan yang dingin atau terpapar udara dingin, maka dapat menyebabkan hipotermi.

Beberapa ciri bayi yang mengalami hipotermi antara lain kulit dan bibir bayi kebiruan dan pucat, dan tubuh bayi yang terasa dingin.

Sedangkan hipertermia adalah suhu tubuh di atas normal atau umumnya dikenal sebagai demam. Suatu kondisi dimana tubuh gagal mengatur suhu tubuh. Demam pada bayi dapat disebabkan oleh adanya infeksi, alergi, atau penyakit tertentu. Umumnya peningkatan suhu di atas normal dikarenakan infeksi. Ketika terjadi infeksi di dalam tubuh, sistem imun berusaha melawan kuman yang masuk.

Menjaga Suhu Tubuh Ideal pada Bayi

Dilansir dari Livestrong, menjaga suhu tubuh ideal pada bayi dapat dilakukan dengan mengatur suhu dan kelembaban ruangan tempat bayi tinggal.

Suhu Air Conditioner (AC) ideal untuk bayi adalah 18-20 derajat Celcius. Dengan suhu tersebut, ruangan sudah cukup dingin dan nyaman untuk si Kecil, terutama bayi yang masih tidur dibedong.

Kemudian dilansir The Asian Parent, untuk anak yang sudah berusia di atas 2 tahun, ibu bisa sedikit menaikan temperatur AC-nya ke 23-26 derajat Celcius. Dengan suhu ini, bayi sudah cukup nyaman tidur dalam balutan piyama dan selimut tipis.

Kendati begitu, seorang ibu juga harus sering-sering mengecek suhu tubuh bayi di bagian kaki, tangan, dan lehernya untuk memastikan apakah temperatur AC sudah cukup pas untuknya. Sebab jika ternyata suhunya terlalu rendah, bayi bisa saja kedinginan bahkan terkena hipotermia.(Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat