Stres dan Kopi Ternyata Bisa Memicu Mag

Rs-alirsyadsurabaya.co.idUmumnya masyarakat kita menganalisis bahwa penyakit Mag melulu disebabkan karena terlambat makan. Ternyata, Mag juga dipicu oleh hal lain seperti stress, gemar makan makanan pedas, dan hobi mengonsumsi kopi.

Dalam dunia medis, mag kerap disebut dengan nama gastritis. Yakni gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Penyebabnya memang beragam, namun yang banyak publik tahu adalah pola makan yang berantakan. Melalui tulisan ini, kita akan melihat sisi lain dari penyebab mag.

Stress, Berisiko Dua Hingga Empat Kali

Sebuah studi yang diterbitkan pada Alimentary Pharmacology and Therapeutics tahun 2007, dikutip dari Hellosehat, menemukan bahwa orang-orang yang sering cemas berisiko dua sampai empat kali terkena GERD (kenaikan asam lambung secara kronis).

Penjelasannya, saat Anda cemas, lambung akan memproduksi asam lambung tiga kali lebih banyak daripada saat kondisi normal. Beberapa ahli percaya bahwa kolesistokinin — salah satu zat kimia di otak — berperan dalam meningkatkan perkembangan GERD pada orang yang mengalami kecemasan.

Kecemasan juga dapat menurunkan produksi prostaglandin di dalam tubuh. Prostaglandin adalah hormon yang berfungsi melindungi lambung dari cairan asam lambung.

Ditambah lagi, apabila kecemasan dan stress tersebut diiringi dengan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, maka akan semakin memicu datangnya penyakit mag.

Makanan Pedas Sebabkan Iritasi Lambung

Dalam sebuah studi, kasus ringan berupa iritasi pernah dilaporkan ketika orang tersebut mengonsumsi makanan pedas, dilansir Livestrong, New York University Medical Center Langone. Oleh karenanya adalah benar bahwa ada larangan mengonsumsinya karena makanan pedas dapat menyebabkan iritasi lambung ringan. Sementara bagi orang yang sudah memiliki gastritis, maka keadaannya bisa membuat gejala lebih buruk.

Statement tersebut dikuatkan oleh dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH, seorang praktisi penyakit dalam yang mengatakan bahwa orang-orang yang sakit mag harus menghindari makanan yang merangsang lambung seperti makanan pedas.

Biasanya sakit mag bisa disebabkan oleh luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung). “Kalau ada masalah pada lambung, bisa lecet atau luka ditambah pedas ya makin tambah parah,” jelasnya melalui Detik.

Kopi, Merangsang Produksi Asam

Kopi, bahkan kopi dekafein (yang kandungan kafeinnya rendah) sekalipun, telah terbukti bisa merangsang produksi asam. Minum kopi terlebih saat perut kosong meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan.

Dari laporan University of Maryland Medical Center, dilansir dari Cnnindonesia, asupan berat minuman asam, seperti kopi memang dapat meningkatkan keasaman lambung dan menyebabkan radang selaput perut.

Menurut MedlinePlus, seperti yang dikutip dari Livestrong, orang yang sehat umumnya bisa mengonsumsi hingga 200 miligram kafein setara dengan satu sampai dua cangkir setiap hari, tanpa efek samping tertentu. Namun mereka pun bisa terkena insomnia dan sakit perut mag karena kopi. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat