Sinusitis? Begini Cara Mengatasinya

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Sinusitis merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh peradangan atau pembengkakan pada jaringan sinus. Sedangkan, sinus sendiri adalah rongga yang terletak dibelakang tengkorak wajah yang berisi udara.

Bagi Anda yang memiliki penyakit sinusitis, tentunya akan sangat menyiksa ketika sedang kambuh, karena akan mengakibatkan hidung tersumbat,  kelelahan, hingga sakit kepala yang mengganggu. Dilansir dai hellosehat, simak beberapa tips berikut untuk dapat menanganinya secara mandiri ketika sedang kambuh di rumah.

Menghirup Uap

Ketika sinus kambuh, pastinya pernafasan akan terganggu. Hal ini karena hidung Anda mengalami penyumbatan yang diakibatkan oleh lendir. Menghirup uap dapat menjadi pilihan untuk menangani kondisi tersebut, dengan merebus air panas dan menaruhnya ke dalam mangku, lalu menghirup uap yang dihasilkannya. Dengan begitu pernafasan akan sedikit lebih baik.

Kompres Dengan Air

Setelah pernafasan sudah cukup membaik. Cobalah untuk mengompres hidung menggunakan handuk dan air hangat. Hal ini diketahui sebagai cara yang baik untuk meredakan beberapa gejala yang dialami oleh penderita sinusitis.

Tidur Dengan Kepala Diangkat

Cobalah untuk tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, anda dapat mengatur bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Hal ini dilakukan agar tekanan yang dialami sinus berkurang, sehingga rasa sakit akibat tekanan rongga sinus dapat berkurang.

Segera Hubungi Dokter

Setelah melakukan beberapa tips di atas tetapi belum ada perbaikan gejala, lebih baik menghubungi dokter pribadi atau langsung menuju ke fasilitas kesehatan terdekat agar dapat dilakukan penangan yang tepat dan untuk menghindari kondisi-kondisi yang akan menyebabkan kondisi kesehatan Anda menjadi lebih buruk.

Rutin Konsultasi Dengan Dokter

Agar sinusitis tidak mengganggu aktifitas, Anda perlu melakukan konsultasi lebih mendalam mengenai sinusitis yang sedang diderita. Dengan begitu Anda akan mengetahui banyak hal mengenai apa saja faktor penyebab yang mengakibatkan kambuhnya sinusitis. Jika hal itu disebabkan karena alergi, Anda akan dianjurkan untuk menghindari berbagai hal yang dapat menjadi pemicu alergi dan mengakibatkan sinusitis kambuh.

Dengan standar kualitas yang tinggi dan adanya dokter-dokter yang berkompeten di bidangnya. Tentunya rumah sakit Al Irsyad Surabaya menjadi pilihan terbaik.

Lebih lanjut, anda dapat melihat jadwal dokter spesialis THT atau langsung menghubungi manajemen rumah sakit melalui link dalam website ini. (nsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat