Simak Tips Merawat Gigi Palsu Menurut Dokter Spesialis Prostodonsia

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Pemasangan gigi palsu perlu diimbangi dengan perawatan yang baik dan benar. Sebab jika tidak, maka dapat memicu kerusakan lanjutan jaringan gigi dan gusi penderita. Untuk itu, Dokter Spesialis Prostodonsia RS Al Irsyad Surabaya membagikan beberapa tips cara merawat gigi palsu.

Dokter Spesialis Prostodonsia RS Al Irsyad Surabaya drg. Malika Syamlan, Sp.Prost menyampaikan bahwa gigi palsu atau gigi tiruan baik yang sifatnya lepas pasang atau nonpermanent, maupun gigi palsu yang permanen, jika tidak rajin dibersihkan dengan baik dan benar, maka dapat memicu bau mulut yang tidak sedap.

Selain itu, jika gigi palsu jenis lepasan tak dirawat dengan baik, maka dapat menimbulkan masalah serius pada bagian rongga mulut. Misalnya seperti timbul gejala sariawan, hingga kerusakan gigi lainnya.

“Gigi tiruan tentu memiliki efek samping, akan tetapi kondisi ini bisa diatasi apabila pengguna gigi pasangan telah melakukan perawatan yang benar,” ujarnya.

Pemicu munculnya efek samping dari pemasangan gigi tiruan atau gigi palsu ini bisa karena yang bersangkutan (penderita) malas melepas gigi, meskipun hendak tidur. Akibatnya, bakteri di mulut menumpuk atau terkumpul di rongga atau sela gigi dalam jangka lama.

Kondisi lebih buruk terjadi ketika orang yang memiliki gigi pasangan pola hidupnya kurang higienis, seperti tidak pernah membersihkan gigi palsu lepasan secara rutin dengan cara menggosoknya menggunakan pasta gigi.

“Untuk mengurangi risiko di bagian rongga mulut, pasien harus rajin membersihkan gigi tiruan. Hindari hal-hal yang tidak disarankan oleh dokter dan periksakan gigi rutin ke dokter minimal enam bulan sekali,” jelasnya.

Sedangkan untuk merawat gigi palsu yang permanen, pasien hanya perlu melakukan sikat gigi rutin minimal dua kali dalam sehari pada pagi hari dan malam menjelang tidur. Hal ini dilakukan agar terhindar dari efek samping yang memicu timbulnya kerusakan gigi.

Spesialis Prostodonsia RS Al Irsyad Surabaya ada untuk membantu masyarakat dalam penanganan mengembalikan dan memelihara fungsi rongga mulut sehingga pasien bisa merasa nyaman dan lebih percaya diri dengan penampilannya.

Segera konsultasikan keluhan Anda terkait kesehatan gigi pada dokter ahli di bidangnya. Jadwal praktik drg. Malika Syamlan, Sp.Prost adalah hari Sabtu dan Selasa pukul 13.00-15.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat