Siapkan Ini Sebelum dan Sesudah Anda Berolahraga di Luar Ruangan

Bagi yang gemar berolahraga di luar ruangan seperti lari, joging, dan bersepeda harap memperhatikan sinar matahari yang dapat memberikan efek negatif bagi kulit.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, paparan sinar ultra violet bertanggung jawab terhadap 80 persen dari tanda-tanda penuaan pada wajah.

Tanda-tanda penuaan itu berupa kerutan, kurangnya kekencangan jaringan kulit, gangguan pembuluh darah, dan pigmentasi dan risiko  terkena kanker kulit akibat paparan sinar matahari.

Para pesepeda di Tour de Suisse, misalnya, terpapar sinar ultraviolet delapan kali lebih banyak dari jumlah yang dapat menyebabkan kulit terbakar.

Agar kesehatan kulit tetap terjaga, diharapkan untuk melakukan perawatan kulit sebelum dan sesudah berolahraga.

Sebaiknya sebelum berolahraga, kulit dalam kondisi bersih sehingga dianjurkan untuk membersihkan  dengan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit dan dianjurkan menggunakan pelembab serta tabir surya.

Tabir surya disebut bermanfaat untuk melindungi wajah dari paparan sinar ultra violet di luar maupun di dalam ruangan.

Sesudah berolahraga, sebaiknya juga melakukan perawatan agar kesehatan kulit tetap terjaga dengan mengeringkannya memakai handuk yang bersih dan bertekstur lembut.

Setelah kulit kering dan suhu tubuh kembali normal, kulit dibersihkan dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Selanjutnya orang bisa memakai pelembab dan tabir surya kembali.

Sebaiknya mengkonsumsi air putih yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi setelah berolahraga. (Sdi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat