Setelah Suntik Vaksin, Masyarakat Diminta Tak Lakukan Beberapa Hal Ini

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Bagi masyarakat yang telah diberikan suntikan vaksin sebaiknya tidak melakukan beberapa hal tertentu agar kondisi tubuh tidak mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) seperti yang disarankan oleh sejumlah ahli kesehatan.

Ada lima hal yang menurut para ahli medis tidak boleh Anda lakukan setelah mendapatkan vaksin COVID-19:

1. Jangan membuat tato atau tindik

Pakar medis mengatakan ada sedikit kemungkinan tato atau tindik bisa memicu respons kekebalan selain vaksin. Oleh sebab itu, masyarakat sebaiknya menunggu setidaknya beberapa hari sebelum membuat tato atau tindik setelah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.

2. Jangan mengajukan janji untuk melakukan vaksinasi lain pada waktu yang berdekatan

Masyarakat juga sebaiknya tak melakukan vaksinasi yang kedua di waktu yang berdekatan. Para ilmuwan mengatakan hal ini perlu dilakukan sebagai tindakan kehati-hatian. Masih belum cukup informasi tentang bagaimana vaksin COVID-19 akan berinteraksi dengan vaksin lainnya.

Dengan demikian, sebaiknya masyarakat menunggu dua minggu untuk mendapatkan jenis vaksin lain.

3. Jangan memaksakan diri untuk berolahraga

Para ahli kesehatan berpendapat bahwa memaksakan diri untuk berolahraga setelah mendapatkan suntikan vaksin kemungkinan besar akan membuat Anda merasa lebih buruk dan tidak lebih baik. Sebaiknya, ambil satu atau dua hari libur jika Anda merasa lesu.

4. Jangan sampai mengalami dehidrasi

Air membantu tubuh Anda memproses respons imun tubuh Anda terhadap vaksin. Untuk itu, masyarakat yang telah mendapatkan suntikan vaksin sebaiknya jangan sampai mengalami dehidrasi atau kurang minum.

Selain itu, jika Anda mengalami demam akibat vaksinasi, mendapatkan cukup air akan membantu tubuh Anda melawannya.

5. Jangan kehilangan kartu vaksin Anda

Kita belum tahu persis kapan, di mana, atau bagaimana kartu vaksin itu akan dibutuhkan. Akan tetapi, kemungkinan itu bisa menjadi tiket emas Anda untuk melompat kembali ke dunia “normal”. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat