Seperti Ini Gizi Seimbang agar Terhindar dari Obesitas

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Obesitas sekarang ini sudah dianggap sebagai penyakit oleh berbagai lembaga kesehatan. Bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, akan berisiko mengalami berbagai penyakit kronis. Untuk itulah perlunya menjaga gizi seimbang agar terhindar dari obesitas.

Salah satu upaya dalam mengatasi obesitas adalah pengaturan pola makan yang sehat dan seimbang. Artinya, apa yang masuk dan apa yang dikeluarkan memiliki jumlah yang sama. Itulah yang disampaikan oleh Ahli Gizi Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya, Anisa Wahyuningtyas Agustin, A.Md., Gz.

Menurut Nisa, menjaga pola hidup dengan gizi sehat sangatlah penting. “Manfaat gizi sehat merupakan salah satu alternatif guna menjaga dan memelihara kesehatan tubuh salah satunya menjaga berat badan agar tetap ideal, menjaga kesehatan organ tubuh serta, menjaga sistem pencernaan,” ujarnya.

Untuk menghindari tubuh mengalami kegemukan maka seseorang perlu menjaga pola makannya. Baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa, karena obesitas kini juga banyak yang terjadi pada anak usia dini.

Gizi anak dengan gizi orang dewasa kurang lebih sama, namun berbeda pada jumlah yang diperlukan tubuh. “Pada anak, gizi yang baik untuk menghindari kegemukan adalah jangan terlalu sering memberikan makanan yang tinggi gula ke anak, cemilah yang diebrikan harus sehat seperti biskuit, krakers, pudding susu yang tidak mengandung MSG,” paparnya.

Nisa juga menganjurkan agar orang tua mengajarkan anak untuk menyukai buah dan sayur sehingga seratnya tercukupi dan terhindar dari konstipasi atau sembelit.

Selain itu, jangan terlalu mengandalkan susu formula di usia anak yang lebih dari dua tahun, karena susu formula bukan asupan utama saat anak usia dua tahun ke atas.

“Orang tua juga harus mengajarkan anak untuk makan dengan teratur tiga kali makan dan dua kali cemilan per hari. Tidak lupa dengan minum air putih,” lanjutnya.

Sedangkan gizi seimbang pada orang dewasa tak beda jauh dengan gizi pada anak. Nisa mengungkapkan bahwa orang dewasa baiknya mengatur pola makan dengan makan teratur tiga kali sehari dan diimbangi dua kali cemilan.

“Makanannya harus seimbang terdiri dari makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati dan sayur dan buah. Perbanyak buah dan sayurnya. Tidak lupa perbanyak minum air putih, serta olahraga setiap hari,” tutur Nisa.

Yang perlu dihindari adalah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat secara berlebihan dan batasi junkfood yang tinggi garam. Serta jangan terlalu sering makan makanan yang digoreng kecuali memakai minyak yang bagus sekali pakai.

“Yang biasanya nyemil makanan manis dan berlemak mulai diganti dengan cemilan lain yang lebih sehat seperti buah atau pudding rendah gula,” imbuhnya.

Obesitas sebenarnya penyakit yang bisa dicegah dengan mulai mengatur pola hidup sehat dan bergizi. Karena makanan yang bergizi sehat dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga tubuh terhindar dari penyakit kronis. Oleh karena itu, mulailah menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat