Senam Hamil RS Al Irsyad Surabaya, Kegiatan yang Tak Bisa Dilewatkan Para Bumil

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Proses kelahiran adalah pekerjaan yang terbuat dari otot-otot, keringat, darah, dan cinta. Dengan melatih tubuh, pikiran, dan jiwa dalam kegiatan senam hamil, maka kegiatan ini pun menjadi rutinitas yang tak bisa dilewatkan untuk ibu hamil. Apalagi, ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan rutin melakukan senam hamil.

Setelah sempat terhenti kegiatannya karena pandemi yang melanda, kemudian dibuka kembali secara virtual, kini kelas senam hamil di Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya pun telah kembali dibuka secara offline dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Senam hamil RS Al Irsyad digelar tiap hari Sabtu pukul 08.00 hingga 09.00 pagi di Aula lantai 4 gedung lama RS Al Irsyad. Senam hamil pun menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu bagi para bumil. Manfaatnya tak hanya berpengaruh pada fisik, berkurangnya keluhan-keluhan kehamilan, dan membantu janin berada pada posisi tepat untuk persiapan persalinan, tetapi juga psikologis bumil.

Itu karena bumil bisa memiliki ruang yang sama dengan para bumil lain yang memungkinkan mereka untuk saling sharing mengenai kehamilan, dengan didampingi instruktur senam berkualifikasi yang juga merupakan bidan di RS Al Irsyad.

Dengan mengikuti senam hamil di RS Al-Irsyad, kata Lailatus Sa‘ada’, Amd.Keb Instruktur Senam hamil RS Al Irsyad, ibu bisa mendapat apa yang mungkin tidak didapat saat memeriksakan kandungan ke dokter. “Karena biasanya kalau periksa ke dokter tergesa-gesa,” kata perempuan yang akrab dengan sebutan bidan Lala. “Jadi, ikut kelas senam hamil sekaligus bisa sharing berbagai macam hal tentang kehamilan dari hasil pemeriksaan yang sebelumnya dilakukan.”

Prenatal gentle yoga sebagai senam hamil di RS Al Irsyad, kata Bidan Lala, dapat menjadi salah satu cara terbaik ibu menikmati masa kehamilan dengan nyaman. Manfaat spiritual dari yoga ini lah yang menonjol dari sekadar senam hamil biasa. Manfaat spiritual ini diperoleh melalui fungsi meditasi, relaksasi, serta komunikasi dengan janin.

Ada lima manfaat utama senam hamil ini. Yang pertama ialah manfaat komunikasi dengan sang buah hati dan meningkatkan keterikatan (bonding) dengannya. Manfaat ini bisa dicapai karena yoga menggunakan teknik-teknik pemusatan pikiran serta meditasi.

“Kedua, prenatal yoga juga dapat meningkatkan ketenangan dan ketentraman batin selama menjalani kehamilan,” kata Bidan Lala.

Selanjutnya, prenatal yoga dapat bermanfaat membantu ibu memandang segala sesuatu secara apa adanya, “Ini membantu saat ketakutan melanda untuk tidak terkuasai oleh rasa takut,” tandas Lala.

Prenatal yoga juga berfungsi meningkatkan inner peace, penerimaan diri, dan kepasrahan saat melewati semua kesulitan dalam proses kehamilan dan kelahiran.

Dan yang terakhir, manfaat utama yang kelima ini adalah meningkatkan kemampuan untuk merasa bahagia.

Kelas prenatal yoga akan mencakup latihan napas, peregangan, dan pose penguatan serta relaksasi. Menggabungkan yoga dengan meditasi sangat membantu pikiran ibu hamil menjadi lebih cepat rileks sehingga dapat membantu ibu hadir untuk keajaiban persalinan.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat