Senam Hamil RS Al Irsyad, Bantu Ibu Lancarkan Persalinan

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Kelancaran proses persalinan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Selain nutrisi untuk ibu hamil, senam hamil juga efektif membantu kelancaran persalinan. Karena inilah RS Al-Irsyad memiliki program unggulan senam hamil.

Selain tujuan utamanya untuk membantu ibu hamil dalam mempersiapkan diri menghadapi proses persalinan normal, senam hamil juga memiliki beberapa tujuan khusus.

Dijelaskan dr. Supeni, dokter Balai Kesehatan Ibu dan Anak RS Al-Irsyad, tujuan khusus senam hamil antara lain memperkuat otot-otot panggul dan rahim, memperkuat jantung, melatih pernafasan dan proses mengejan, mengurangi nyeri perut dan pinggang sehingga ibu bisa merasa lebih rileks, serta melatih posisi melahirkan.

“Dalam proses melahirkan, ada proses mengejan, dan kapan mengambil nafas. Nah, itu ada hubungannya dengan pernafasan, dan senam hamil salah satunya membantu melatih untuk itu,” papar dr. Supeni. 

Senam hamil disampaikan juga memiliki berbagai teknik. Ada teknik pilates, kagel, hingga yoga. Dan di RS Al-Irsyad Surabaya sendiri lebih spesifik menggunakan prenatal gentle yoga dengan didukung instruktur senam yang telah tersertifikasi. 

Kegiatan senam hamil di RS yang beralamat di Jl. KH Mas Mansyur No.210-214 Surabaya ini ditujukan bagi ibu hamil dengan usia kandungan kurang lebih lima bulan, di mana pada umur kandungan ini, menurut dr. Supeni, kondisi rahim telah kuat, dan janin sudah melekat.

“Kondisi rahim dan janin di awal kandungan masih belum aman. Jadi, bagi pasien yang sudah memiliki umur kandungan di atas lima bulan, kami selalu anjurkan untuk bisa mengikuti senam,” imbuh dr. Supeni.

dr. Supeni juga menambahkan, senam hamil ini hanya dapat dilakukan bagi para ibu hamil yang normal dan tidak memiliki komplikasi serta kelainan, “Jadi, jika ibu memiliki pendarahan di vagina, hipertensi, atau asma, maka senam hamil sebaiknya tidak dilakukan,” tandasnya.

Mengenai olahraga lain bagi ibu hamil yang dapat membantu proses persalinan, pada intinya, lanju dr. Supeni, dapat melalui olahraga apa saja yang tentunya aman dan ringan dilakukan. Kalau pun menggunakan alat, maka alat yang bisa digunakan salah satunya dengan bola gym (gymball).

“Tetapi juga perlu diperhatikan, untuk dilakukan secara aman, ringan, dan dengan tujuan yang sesuai dari konteks dilakukannya senam, yakni memperlancar proses melahirkan itu sendiri,” jelas dr. Supeni.  

Senam hamil ini bisa dilakukan selama 2-3 kali dalam seminggu hingga tanggal kelahiran. Senam juga dapat dilakukan di mana saja, selama ada instruktur tersertifikasi yang mengawasi agar lebih aman. Untuk di RS Al-Irsyad, jadwal senam dilakukan tiap seminggu sekali di hari Sabtu pagi, yakni pukul 08.00 hingga 09.00 WIB.

Senam ini dilakukan di Ruangan Fisioterapi RS Al-Irsyad, sebuah ruangan yang nyaman dengan pendingin ruangan, yang setiap pertemuannya diikuti 15-20 peserta selama kurang lebih satu jam. “Senam ini tidak begitu menyita banyak waktu, jadi sebaiknya bisa rutin dilakukan.”

Untuk mengikuti kelas senam hamil sendiri, ibu hanya perlu menyiapkan biaya sebesar Rp30.000 untuk tiap pertemuan, atau Rp100.000 setiap bulannya. “Harapan kami, saat proses kelahirannya, para ibu bisa melakukan proses persalinan yang normal dan lancar,” tutup dr. Supeni. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat