Semarakkan Ramadan, RS Al-Irsyad Surabaya Adakan Lomba untuk Karyawan RS

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Kemarin (23/5), RS Al-Irsyad Surabaya mengadakan lomba adzan dan cerdas cermat. Lomba ini dikhususkan untuk karyawan RS dan berlangsung di aula gedung lama RS Al-Irsyad Surabaya.

Dikatakan oleh dokter Syarwani, panitia acara dalam acara tersebut, acara ini diadakan untuk menyemarakkan syiar Islam, terlebih lagi di bulan Ramadan. Acara ini diikuti oleh puluhan staff dari berbagai macam unit dan dipanitiai oleh kurang lebih 12 karyawan RS dan 2 orang mitra dari Badan Pelayanan Islam. Mulai dari farmasi, rumah tangga, satuan pengamanan, keuangan, dan unit-unit lain dalam RS.

“Acara ini biasanya diadakan saat Milad RS. Namun, Milad lalu bertepatan dengan akreditasi. Jadi, kami fokuskan akreditasi untuk kemudian meramaikan Ramadan dengan lomba-lomba ini,” tuturnya.

Acara ini sudah dimulai sejak awal Ramadan lalu (6/5). Dengan rangkaian pertamanya lomba adzan. Lomba ini berhasil menyedot partisipasi karyawan, hingga yang mendaftar lomba ini sebanyak 40 orang. Kemudian, pada hari Kamis (9/5) barulah dimulai lomba cerdas cermat yang diikuti oleh berbagai unit.

“Untuk lomba cerdas cermat, lombanya per unit. Namun, untuk unit yang jumlah orangnya sedikit akan digabung menjadi satu tim,” jelas dokter Syarwani.

Tentunya, mengadakan acara seperti ini pernah terjadi kendala. Namun, kendala tersebut dapat ditangani dengan cepat dan tepat. Hingga acara puncak kemarin berlangsung lancar. Kendala yang sempat dihadapi yakni, pengaturan jadwal tiap unit. Dimana, setiap unit harus benar-benar mematangkan jadwalnya agar dapat berpartisipasi.

“Tiap unit sempat alami kendala ketika atur jadwal. Akhirnya, disiasati dengan penyesuaian shift karyawan lagi,” akunya.

Kemudian, yang menarik dari acara ini karena kali ini, acara Ramadan lebih besar dan ramai dari tahun-tahun sebelumnya. Jika saat Ramadan sebelumnya hanya ada lomba tahsin, tahun ini lebih besar lagi dengan lomba adzan dan cerdas cermat antar unit.

Sementara itu, pada acara puncak hari ini diawali dengan salat dzuhur bersama, lalu dilanjut dengan tausyiah singkat. Pada tausyiah ini membahas tentang riba’, seperti apa riba’, bagaimana saja bentuknya, dan lainnya. Setelah tausyiah selesai, melangkah ke acara pertama, final lomba adzan. Pada lomba ini telah lolos 7 orang peserta.

Berlanjut pada lomba cerdas cermat, final lomba ini berhasil masuk 4 tim dari unit dan gabungan unit. Dan dalam cerdas cermat ini, pertanyaan yang diajukan seputar sirah nabi, ayat-ayat Alquran, hukum-hukum Islam dan lain sebagainya.

“Cerdas cermat yang berlangsung tadi menjadi media kita untuk belajar bersama tentang Islam di bulan Ramadan ini. Selain itu, pertanyaan-pertanyaan tadi juga seputar sejarah Nabi dan para sahabatnya,” pungkas pria yang juga panitia dalam acara kali ini.

“Kami berharap dengan adanya acara ini, semua karyawan memiliki nilai tambah. Nilai tambah pengetahuan akan keislaman hingga sejarah para Nabi dan sahabat-sahabatnya,” tutupnya.(ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat