Selain Menyehatkan, Inilah Manfaat Lain dari Wudhu

Rs-alirsyadsurabaya.or.id– Setiap muslim pasti sangat akrab dengan kegiatan berwudhu. Namun  tahukah kita bahwa berwudhu sangat baik untuk kesehatan, karena bisa menghindarkan tubuh dari kuman yang menyebabkan penyakit, bagaimana penjelasannya?

Selain bernilai ibadah, kebiasaan Rasulullah tersebut menurut peneliti dari Universitas Alexsandria, dr. Musthafa Syahatah, yang sekaligus menjabat sebagai Dekan Fakultas THT, menyebutkan bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang tidak berwudhu.

Menghirup air dengan hidung saat berwudhu dapat mencegah timbulnya penyakit yang masuk dari dalam hidung. Mencuci kedua tangan membuat  kebersihan tangan dapat terjaga. Dengan mengusap wajah saat berwudhu, akan kebersihan wajah juga akan terjaga dan terhindar dari jerawat.  Selain itu, wudhu dapat menjaga kebersihan daun telinga dan kaki. Artinya dengan berwudhu, tubuh dapat terhindar dari segala kuman dan kotoran yang dapat membawa penyakit di berbagai tempat yang terbasuh air wudhu.

Air wudhu yang segar akan membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap virus maupun kuman. Wudhu yang merupakan aktivitas bersuci akan membuat tubuh menjadi lebih bersih dan kuman serta virus yang mungkin akan menyerang menjadi hilang bersama air wudhu yang membasuh anggota tubuh.

Dilihat dalam kacamata islam, wudhu juga membuat pelakunya mendapatkan doa dari malaikat, makhluk yang paling dekat dengan Pencipta alam semesta. Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam pernah bersabda yang artinya, “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. [HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.]

Kemudian, wudhu akan membuat wajah seseorang bercahaya saat kiamat, sesuai dengan hadist Nabi Muhammad bersabda yang artinya, “Tahukah kalian bila seseorang memilki kuda yang berwarna putih pada dahi dan kakinya diantara kuda-kuda yang yang berwarna hitam yang tidak ada warna selainnya, bukankah dia akan mengenali kudanya? Para sahabat menjawab, “Tentu wahai Rasulullah.” Rasulullah berkata, “Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu’ mereka.” (HR. Mslim no. 249)

Selain berbagai keutamaan itu, wudhu dapat membuat do’a seseorang yang melakukan wudhu sebelum tidur, dikabulkan. Ketika ia bangun di pagi hari dan memanjatkan permintaan, maka akan dikabulkan do’anya tersebut. Seperti penjelasan Rasulullah yang artinya, “Tidaklah seorang muslim tidur di malam hari dalam keadaan dengan berdzikir dan bersuci, kemudian ketika telah terbangun dari tidurnya lalu meminta kepada Allah kebaikan dunia dan akhirat, melainkan pasti Allah akan mengabulkannya.” [Fathul Bari juz 11/124].  Jika sedemikian luar biasanya manfaat wudhu, lalu apa alasan kita sebagai Muslim tidak terus menjaga wudhu?(nda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat