Selain Menggosok, Lakukan Ini untuk Kebersihan Gigi

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, kita telah diajarkan menggosok gigi dengan pasta gigi. Padahal, selain menggosok, berkumur dengan mouthwash dan melakukan flossing secara rutin dapat membantu membuat gigi lebih bersih dan sehat.

Aktivitas makan seringkali meninggalkan sisa-sisa kecil makanan di sela-sela gigi. Sisa makanan ini, jika telah bercampur dengan air liur dapat menciptakan bakteri dalam plak. Bakteri ini akan terus hidup dan mengelilingi gigi.

“Bakteri dalam plak adalah penyebab gigi berlubang, radang gusi, dan keropos tulang atau gigi, bersama dengan masalah gigi lainnya,” jelas Bill Dorfman, Dokter Gigi Kosmetik, dilansir dari kompas.

Lanjutnya, ia mengungkap bahwa makanan keseharian kita yang sebagian besar didapat dari karbohidrat bisa menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi.

Terlebih, jika makanan tersebut meninggalkan sisa di sela-sela gigi. Karenanya, agar menyeluruh kebersihannya, selain menyikat, perawatan gigi dapat juga dilakukan dengan benang gigi.

“Ketika sisa makanan ini tidak dibersihkan dari celah gigi, ini menyebabkan dysbiosis bakteri di mulut dan kerusakan gigi serta gusi,” jelasnya.

Pembersihan dengan benang gigi atau flossing ini sangat efektif membersihkan gigi secara menyeluruh. Karena, dengan benang gigi dapat membersihkan bagian-bagian gigi yang tidak tersentuh oleh sikat gigi.

Kemudian, Sebastian Ciancio, Profesor dari School of Dental Medicine University Buffalo, Amerika Serikat mengungkap, tidak ada waktu khusus dalam membersihkan gigi dengan benang. Hanya saja, pastikan bahwa Anda telah melakukannya sehari sekali.

Matthew J. Messina, Juru Bicara American Dental Association juga menuturkan, dengan melakukan flossing dapat meminimalkan bakteri jahat yang menempel di gigi. “Bakteri di sekitar gigi akan membentuk koloni, dan flossing akan membantu memisahkan mereka. Jika mereka terpisah, maka mereka tidak terlalu berbahaya,” terangnya dikutip dari CNN.

Mouthwash Berikan Kebersihan Gigi Secara Total

Selain dengan benang gigi, penggunaan obat kumur atau mouthwash juga dapat memberikan kebersihan gigi menyeluruh. Dilansir dari Great Lakes Dental, ada beberapa manfaat yang sangat baik ketika membersihkan gigi dengan obat kumur.

Penggunaan obat kumur dengan kandungan fluoride akan membantu mengurangi risiko gigi berlubang. Keuntungan berikutnya adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur, maka ini dapat memperkuat gusi Anda. Dengan gusi yang bersih dan sehat, maka risiko terkena penyakit periodontal pun berkurang.

Dan manfaat lain dari penggunaan obat kumur yakni, dapat mengurangi bau mulut dan menurunkan risiko sariawan pada mulut. Kandungan antiseptik dalam obat kumur dapat membantu melawan bakteri yang ada pada mulut.

Kebersihan rongga mulut menjadi hal yang acapkali dilupakan oleh sebagian orang. Kebanyakan mereka berpikir bahwa menyikat gigi saja cukup. Nyatanya, tidak demikian.

Kombinasi antara menyikat gigi dengan pasta gigi, flossing, dan berkumur dengan obat kumur dapat memberikan kebersihan rongga mulut secar menyeluruh. Dengan begitu, penyakit-penyakit yang terjadi di rongga mulut pun dapat dihindari.(ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat