Selain Corona, Ini Virus Mematikan Lain yang Perlu Diwaspadai

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Wabah virus corona masih terus menghantui dan masih terus menyebar hingga detik ini. Sudah banyak korban meninggal akibat virus ini. Meski terlihat sangat mematikan, namun di samping corona, ada beberapa virus lain yang masih perlu diwaspadai.

Virus corona (2019-nCoV) sudah mengguncang dunia sejak akhir 2019 lalu. Sampai detik ini, sudah 26 negara yang telah mengonfirmasi warganya yang terinfeksi virus ini. Dan menurut data yang dilansir oleh kompas per Kamis (6/2) lalu, sudah sebanyak 560 orang dilaporkan meninggal dan puluhan ribu lainnya telah terinfeksi. Dengan angka tersebut, organisasi kesehatan dunia (WHO) akhirnya menetapkan wabah ini sebagai darurat kesehatan global. Hingga hari ini, vaksin untuk mengobati penyakit ini belum ditemukan.

Meski demikian, sebelum virus ini mewabah, sebelumnya telah dikenal beberapa virus lain yang tak kalah mematikan. Berikut adalah virus tersebut.

Cacar Monyet

Penyakit ini pertama kali dikonfirmasi pada tahun 1958 adaa dua koloni kera yang memiliki penyakit seperti cacar. Barulah pada 1970 di Kongo, virus ini pertama kali dilaporkan menginfeksi manusia. Sejak awal hingga tahun 2015 sudah ada 1.000 kasus lebih terjadi di negara tersebut.

Gejala dari penyakit ini berupa demam, nyeri, pembengkakan nodus limfa dan ruam pada kulit. Pada kondisi paling parah, penyakit ini dapat menyebabkan pneumonia hingga kematian.

Flu Burung

Virus ini juga virus yang ditularkan oleh hewan ke manusia. Virus ini pertama kali terdeteksi di Changsha, Tiongkok pada tahun 1996 dan mematikan bagi unggas. Tingkat kematiannya mencapai 50 persen jika tertular dari hewan ke manusia. Dari 2013 hingga 2019, WHO melaporkan sudah sebanyak 861 kasus pada manusia. Dari jumlah tersebut, 455 orang dinyatakan meninggal.

Ebola

Ebola pertama kali muncul pada tahun 1976 dan langsung mewabah dua tempat sekaligus di Afrika. Nama dari virus ini diambil dari nama sungai di daerah Republik Demokratik Kongo, dimana virus ini pertama kali muncul.

WHO mengungkap dalam situsnya, penyakit ini dapat menyebabkan penyakit yang serius dan fatal jika tidak segera diobati. Ebola menular ke manusia dari kelelawar. Penularannya bisa melalui berbagai media seperti, kontak dekat darah yang mengandung virus, sekresi, organ atau cairan tubuh dari hewan yang terinfeksi, dan sebagainya.

Rabies

Rabies juga sempat menggegerkan dunia. Virus ini juga ditularkan dari hewan ke manusia dengan tingkat kematian 100 persen, jika tidak divaksinasi. Virus ini menular melalui air liur hewan rabies seperti kelelawar, anjing, dan kucing.

WHO menyebutkan, 99 persen manusia yang mati karena rabies berasal dari anjing. Virus ini dapat mempengaruhi otak dan saraf. Hingga pada tahun 2009, wabah ini semakin parah di Angola, Afrika dan menewaskan 90 anak.

Cacar

Penyakit ini disebabkan oleh virus variola di abad ke-20. Penyakit ini menewaskan 300 juta orang di seluruh dunia kala itu. Namun, karena kampanye yang digalang WHO, virus ini diberantas pada tahun 1980. Kasus terakhir terjadi di Somalia, Afrika Timur, tahun 1977. Gejala dari penyakit ini dapat berupa demam tinggi, ruam bergelombang, lepuh berisi nanah, muntah, dan tubuh lemas. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat