Seimbang di Dua Sisi Mulut: Cara Mengunyah Makanan yang Tepat

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Mengunyah makanan sebaiknya dilakukan secara seimbang di kedua sisi mulut. Bukan tanpa alasan, jika hanya mengunyah di satu sisi, kebiasaan ini bisa berdampak terhadap kebersihan mulut dan gigi.

Ketika seseorang mengunyah makanan, maka mulut akan memproduksi saliva atau air liur. Salah satu fungsi dari air liur sendiri ialah untuk membersihkan mulut. Sehingga, jika seseorang memiliki kebiasaan hanya mengunyah makanan di satu sisi mulut, maka sisi yang tidak pernah dipakai mengunyah tersebut lebih banyak ditemui karang gigi.

Air liur atau ludah ini membuat mulut tidak kering dan nyaman, membantu mengunyah, merasakan, dan menelan makanan. Air liur juga mengandung protein dan mineral yang berfungsi melindungi lapisan terluar gigi dan mencegah kerusakan gigi, serta penyakit gusi. Selain itu, air liur berfungsi membantu membersihkan partikel makanan dari gigi sehingga mengurangi risiko gigi berlubang.

Jika kebiasaan mengunyah makanan hanya di satu sisi mulut terus dilakukan, maka sendi di sisi mulut yang tidak dipakai mengunyah akan melemah karena tidak bekerja. Gigi pada sisi yang dipakai untuk mengunyah pun mendapat beban yang lebih berat karena semua dipusatkan di situ.

Apabila Anda menyadari kebiasaan tersebut, carilah penyebab mengapa Anda memiliki kecenderungan mengunyah makanan hanya di satu sisi mulut. 

Salah satu kemungkinan mengunyah hanya di satu sisi bisa saja disebabkan rasa tidak nyaman pada rongga sebelah. Sumbernya bervariasi, mungkin ada gigi yang berlubang yang membuat sisa makanan tersangkut ke dalamnya. 

Sebaiknya, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab kebiasaan mengunyah di satu sisi, lalu atasi masalahnya, agar Anda bisa mengunyah di kedua sisi secara seimbang. 

Bila ada gigi yang berlubang, segera tambal agar proses mengunyah di sisi tersebut jadi lebih nyaman. Jika mengunyah tidak nyaman karena ompong, pakailah gigi palsu sehingga proses makan dan mengunyah tidak terganggu.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat