Seberapa Sering Kontrol Kehamilan Dilakukan di Masa Pandemi?

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Di masa pandemi COVID-19 saat ini, ibu hamil dianjurkan untuk setidaknya melakukan tujuh kali kontrol kehamilannya dengan dokter. Salah satunya pada saat trimester pertama untuk mengetahui normal tidaknya kondisi kehamilan.

pemeriksaan, menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan Klinik Bamed, Upik Anggraheni.

Umumnya, ibu hamil melakukan minimal tujuh kali pertemuan untuk kontrol kehamilan. Pertama saat trimester pertama untuk mengetahui normal tidaknya kehamilan dan perkembangan janin. Hal itu bisa dideteksi sejak usia kehamilan 6-8 minggu.

Jikabumil merasa mengalami flek, yang tidak dibarengi dengan kram perut, mual, namun memiliki riwayat kehamilan di luar kandungan, sebaiknya bumil melakukan pemeriksaan ke dokter.

Pemeriksaan selanjutnya, saat usia kandungan 11-13 minggu. Pada tahap ini, dokter melakukan skrining, menentukan usia pasti kehamilan karena angka akurasi paling tinggi di masa ini. Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan laboratorium dasar seperti HIV, HbsAg, dan lainnya.

Selanjutnya, kontrol ke dokter perlu bumil jalani pada usia kandungan 20 minggu untuk dilakukan skrining anatomi janin, dilanjutkan saat usia kehamilan 28 minggu untuk pemeriksaan pranatal, guna mendeteksi ada tidaknya keracunan kehamilan.

Memasuki usia 36 minggu, pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui posisi janin, letak plasenta dan ibu wajib datang bila ada kelainan pada pemeriksaan darah sebelumnya.

Setelah itu, pemeriksaan dilakukan seminggu sekali saat usia kandungan 37 minggu hingga memasuki masa persalinan untuk mengevaluasi air ketuban.

Para ibu juga disarankan kembali memeriksakan diri ke dokter bila ada keluhan usai persalinan. Untuk keluhan ringan bisa dikonsultasikan secara daring atau telemedik. Tentunya, telah ada perbedaan layanan kesehatan ibu hamil sebelum era pandemi COVID-19 dan sekarang, yaitu mengenai protokol kesehatan yang digunakan serta penyesuaian jadwal kontrol sesuai kebutuhan setiap ibu hamil.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat