Khitan Massal, Agenda Rutin RSI Al Irsyad

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya menggelar acara khitanan (sunat) massal di halaman rumah sakit, Sabtu (6/7). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya, dengan tujuan untuk mewujudkan visi dan misi rumah sakit.

“Selain bakti sosial, tujuan utama diadakan khitan massal rutin ini adalah untuk mewujudkan visi dan misi rumah sakit yakni memberikan pelayanan keselamatan pasien dan kepuasan pelanggan” kata dr. Iwah Prastiono, selaku Wakil Direktur Medis, RS Al-Irsyad Surabaya.

Dr Iwah juga menyebutkan batas usia minimal dari acara khitan massal tersebut adalah 7 tahun, karena jika terlalu kecil ditakutkan akan menganggu proses khitan. “7 tahun batas minimalnya, kalau kurang dari itu akan kasian dan untuk batas maksimal tidak ada, bebas” lanjutnya

Acara khitan massal tersebut dibatasi dengan kuota peserta sebanyak 100 peserta, hal itu dikarenakan mengutamakan kondisi kekuatan dokter, satu dokter idealnya menyunat lima sampai 10 anak. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan dokter yang bertugas akan kelelahan.

Setelah tiga hari promosi, kuota sudah penuh bahkan yang mendaftar lebih dari kuota, akhirnya pihak rumah sakit terpaksa menolak dan menyarankan untuk ikut tahun depan.

“Baru dua atau tiga hari spanduknya dipasang, sudah banyak yang daftar bahkan melebihi kuota, sehingga yang tidak kebagian kuota harus rela menunggu tahun depan, tetapi jika keinginan dari anaknya untuk sunat tahun ini, maka pihak rumah sakit akan mengadakan sunat dilain hari, entah besoknya atau lusa dengan gratis juga” jelas dr Iwah.

Kebetulan, acara khitan massal kali ini bebarengan dengan hari libur sekolah, sehingga antusias dari orang tua dan anak dalam mengikuti acara tersebut terbukti adanya dengan kelebihan kuota. Selain itu, orang tua juga bisa ikut mendampingi dan anak-anak tidak terganggu jadwal belajarnya.

Setiap peserta diberikan bingkisan. Untuk tahun ini, bingkisan yang didapat sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu keperluan sekolah, uang saku, tas sekolah dan celana, lebih dikhususkan untuk kepentingan sekolah. Peserta yang hadir kebanyakan bberasal dari daerah sekitar rumah sakit Al Irsyad.

Selain diadakan di RS Al Irsyad, Khitan Massal juga diadakan di halaman Masjid Cheng Ho Surabaya, bekerjasama dengan DPD PITI (Pembina Imam Tauhid Indonesia) pada hari Minggu (7/7), dimulai pukul 07.00 hingga selesai.

Kegiatan khitan massal gratis ini juga memudahkan anak mengikuti khitan, sebab diikuti oleh anak banyak dan didampingi oleh orangtua sehingga menghilangkan grogi. Meskipun masih banyak yang menangis namun jika melakukan suatu hal bersama-sama akan terasa lebih mudah dilakukan. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat