RSAI Peringati Hari Ginjal Sedunia: Tanda dan Gejala Tak Nampak, Pemeriksaan Rutin Kunci Deteksi Penyakit Ginjal

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Tanggal 11 Maret lalu, dunia memperingati Hari Ginjal untuk mengampanyekan pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar penyakit ginjal. Tak turut ketinggalan, RS Al Irsyad Surabaya turut memperingati hari kesehatan tersebut dengan kembali mengudara bersama Suara Muslim, Sabtu (20/3).

Dengan mengusung topik sesuai tema Hari Ginjal Sedunia tahun 2021, yakni “Living Well with Kidney Disease” dr. Artaria Tjempakasari, Sp. PD-KGH, Dokter Spesialis sekaligus Ahli Ginjal RS Al Irsyad Surabaya menjelaskan berbagai hal tentang kesehatan ginjal. Di mana konsep Hari Ginjal tahun ini mengajak masyarakat untuk berupaya keras mencegah penyakit ginjal berkembang dalam stadium lanjut.

“Mereka yang termasuk dalam golongan faktor risiko, kalau bisa sedari awal sudah memeriksakan diri. (Karena) kalau sudah stadium akhir, pasti butuh biaya yang besar untuk pengobatannya,” katanya.

Kemudian, bahasan berlanjut pada Penyakit Ginjal Kronis (PGK). Ia mengatakan, bahwa PGK seringkali muncul tanpa gejala. Gejala baru muncul ketika fungsi ginjal mengalami penurunan fungsi. Bahkan ketika penyakit sudah mencapai stadium 4, gejala yang terlihat pun masih sangat minim.

Dalam melihat kondisi ginjal, banyak orang seringkali melihat dari kandungan kreatinin. Menurutnya, hal itu tidak cukup akurat, “Kandungan kreatinin 5 atau 6 pun tetap akan tidak muncul gejala yang berarti. Maka dari itu, kita perlu rutin memeriksakan diri,” jelas dokter lulusan Universitas Airlangga 1998 itu.

“Bila ginjal terganggu, akan timbul gejala seperti lemah badan, pucat, mual, muntah, tidak ada nafsu makan, gatal-gatal, bingung, kejang, penurunan kesadaran, sesak, bengkak, dan banyak lagi lainnya. Semua sistem organ dapat dipengaruhi,” imbuhnya.

Hal itu dapat terjadi apabila kondisi tubuh pasien sudah dalam kondisi kerusakan mencapai 70-90 persen, lanjut dr. Artaria.

Tanda dan gejala penyakit ginjal sering tidak spesifik, yang berarti mereka juga dapat disebabkan oleh penyakit lain. Karena ginjal itu sangat mudah beradaptasi dan mampu mengimbangi kehilangan fungsi, tanda dan gejala mungkin tidak muncul sampai terjadi kerusakan permanen.

Konsultasikan kesehatan ginjal Anda dengan dr. Artaria Tjempakasari, Sp.PD-KGH setiap Senin dan Rabu pukul 15.00 – 16.00 untuk jadwal NonBPJS dan pukul 16.30 – 18.00 untuk jadwal BPJS. Informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat