RS Al Irsyad Surabaya Pedulikan Ibadah Pasien dan Karyawan

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Jika di RS lain, pasien umumnya selalu mendapat pelayanan terbaik. Berbeda dengan RS Al Irsyad Surabaya. Disini, selain pelayanan terbaik sesuai standar bagi pasien, pihak RS juga peduli ibadah pasien hingga karyawan.

RS yang terdapat di wilayah utara Kota Surabaya ini bekerjasama dengan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) untuk melaksanakan layanan bimbingan rohani baik bagi pasien maupun karyawan.

“Kami kerjasama dengan BMH untuk urusan layanan bimbingan rohani pada pasien dan karyawan itu,” ungkap dr. Salim Ubaid yang menjabat sebagai Manajer Pelayanan Medis RS Al Irsyad Surabaya tersebut.

BMH sendiri merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana Zakat, infaq, sedekah, Wakaf dan Hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial kemanusiaan dan ekonomi secara nasional.

Dari kerjasama tersebut, dr. Salim juga memaparkan bahwa terbentuklah kegiatan pengajian rutin yang terlaksana setiap hari Kamis selesai beribadah shalat dhuhur. Selain itu juga ada sahabat pasien yang keliling untuk mengingatkan waktu sholat dan melakukan bimbingan rohani ke pasien-pasien tersebut. Sahabat pasien tersebut berasal dari BMH.

“Ada pengajian rutin setiap Kamis siang, ada juga sahabat pasien yang keliling mengingatkan waktu,” lanjutnya.

Selain itu, adapula bimbingan tayammum pada pasien yang ingin menunaikan ibadah sholat namun tidak bisa ke kamar mandi atau ada luka bekas operasi yang tidak boleh terkena air, sehingga memerlukan tayammum untuk bersuci.

“Ada juga bimbingan rohani tayammum pada pasien yang ingin melaksanakan sholat tapi terhalang karena tidak bisa ke kamar mandi,” imbuhnya.

Tayamum adalah cara bersuci selain wudhu dan mandi, yang menjadi alternatif pengganti untuk meringankan bersuci jika tidak bisa menggunakan air sebab berbagai halangan. Seperti sakit atau tidak ada air.

Hal ini sesuai dengan firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam surah Al Maidah ayat 6. “Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu.” 

Jika diperlukan, bimbingan rohani ruqyah syar’i juga dapat dilakukan di RS Al Irsyad Surabaya. Ruqyah merupakan salah satu pengobatan alternatif yang dilakukan dengan bacaan doa bersumber pada Alquran dan Al Hadis.

“Kalau diperlukan ustad bisa melakukan ruqyah syar’i,” tutupnya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat