RS Al Irsyad Surabaya Kembali Mengudara dengan Tema Nyeri Panggul

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Sabtu (30/1), RS Al Irsyad Surabaya kembali mengudara bersama Suara Muslim Network. Pada Bincang Medika kali ini membawakan tema seputar nyeri panggul. Dalam sesi tersebut, RS Al Irsyad Surabaya memilih dr. Jiffaldy, Sp.OT, sebagai pemateri. Ia menerangkan bahwa sebagian besar orang-orang sering salah kira nyeri panggul sebagai nyeri punggung.

Nyeri panggul (pelvic pain) dan nyeri punggung (back pain) tidaklah sama, karena bagian yang bermasalah jelas berbeda, “Penyebab nyeri panggul ini bisa dibagi 2. Dari anatominya atau golongan usia penderitanya. Nyeri ini bisa diderita dari anak-anak hingga dewasa,” katanya.

Jika penyebabnya dari anatomi, nyeri panggul bisa mengenai struktur sendi panggul. Misal, jika seseorang mengidap penyakit tertentu, seperti endometriosis, maka penyakit ini dapat memicu munculnya nyeri pada panggul. Dokter akan melakukan anamnesa atau mengajukan beberapa pertanyaan ke pasien, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan tambahan lain untuk mendiagnosa penyebab.

“Biasanya, orang yang menderita nyeri ini akan mengeluh ketika sedang berjalan. Bisa juga saat bergerak di beberapa posisi lain yang melibatkan pergerakan sendi panggul,” tambah dokter muda tersebut.

Kemudian, pada nyeri karena usia, kebanyakan diidap oleh orang lanjut usia. Masalah nyeri mereka pun kompleks. Tidak hanya di sendi panggul saja, namun bisa menjalar ke punggung atau pun lutut. Penyebab nyeri para lanjut usia ini umumnya karena pengapuran tulang.

“Nyeri panggul mereka bisa jadi karena pengapuran. Pengapuran ini tidak hanya terjadi di lutut atau punggung, namun juga bisa di sendi panggul,” lanjut dr. Jiffaldy.

Nyeri panggul yang dikarenakan pengapuran bersifat kronis dan bisa menahun. Pengobatan yang dilakukan pun tidak hanya sekali dua kali, namun bisa berbulan-bulan.

Tak jauh berbeda, baik pada pasien anak-anak atau pun orang lanjut usia, dokter akan melakukan serangkaian kegiatan untuk menegakkan diagnosa. Setelah diagnosa, baru lah pasien mendapatkan rekomendasi perawatan dan obat-obatan.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat