RS Al Irsyad Gelar Talkshow Bersama Radio Suara Muslim Surabaya Tentang Hepatitis Akut Pada Anak

Akhir-akhir ini penyakit Hepatitis Akut Misterius menjadi perhatian karena kasusnya mengalami kenaikan dan gejala klinisnya berat. Dalam kesempatan kali ini, RS Al Irsyad Surabaya menggelar talkshow bersama radio Suara Muslim membahas tuntas tentang Hepatitis Akut.

Narasumber dalam talkshow kali ini adalah Dokter Spesialis Anak RS Al Irsyad Surabaya, dr Nurita Alami Dwi Wijayanti, Sp. A. 

Dokter yang akrab disapa Dokter Ita ini menyampaikan bahwa penyakit Hepatitis Akut Misterius yang menyerang anak-anak sementara ini masih belum diketahui penyebabnya, sehingga pengobatan pun menjadi sulit.

“Hal ini karena pengobatan berdasarkan penyakit penyebab,” ujarnya.

Dokter Ita juga menyebutkan bahwa Hepatitis  sendir merupakan penyakit proses peradangan pada hati. Penyebab Hepatitis umum biasanya disebabkan oleh infeksi atau non infeksi.

“Untuk penyebab hepatitis itu bisa disebabkan infeksi Hepatitis A, B, C, D, E, demam berdarah, tuberkulosis. Sedangkan untuk non infeksi bisa disebabkan oleh obat-obatan, auto imun, kelainan darah dan lain-lain,” jelasnya dalam Talk Show RS Al Irsyad On Air yang bertema ‘Mengenal Lebih Dalam Tentang Hepatitis Akut’ di Radio Suara Muslim Surabaya, Sabtu (21/5/2022).

Sementara itu, Dokter Ita juga menyampaikan jika penyakit Hepatitis Akut Misterius dapat menyebabkan kematian, kerusakan hati yang berat sampai mengalami kanker hati. Sedangkan di Indonesia, dr Nurita menyebutkan kondisi hepatitis misterius masih dikaji dan status masih suspek, 1 kasus berstatus probable.

Dengan demikian, Dokter Ita menyarankan langkah pencegahan agar orang tua diharapkan menjaga perilaku hidup sehat untuk buah hatinya seperti yang biasa dilakukan selama Pandemi Covid-19.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat