RS Al-Irsyad Akan Jadi Pusat Orthopedi Sport Injury

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Dalam waktu dekat, salah satu layanan unggulan di RS Al-Irsyad akan bertransformasi ke bentuk sebuah klinik baru yang disebut Klinik Nyeri atau Pain Clinic. Klinik ini adalah jawaban keluhan pasien dengan nyeri yang dialami.

Klinik ini akan menangani pasien dengan berbagai keluhan nyeri dengan USG guided. Selain itu klinik ini juga menjadikan RS Al-Irsyad Surabaya sebagai pusat pelayanan ortopedi yang berfokus pada penanganan cedera olah raga (sport injury).

Keberadaan dokter spesialis ortopedi di Indonesia masih cukup minim. Oleh karena itu, banyak pasien yang pergi ke pengobatan alternatif daripada pergi ke dokter untuk mengobati keluhan nyeri  maupun proses penyembuhan pada tulang dan persendiannya.

Penanganan ortopedi sendiri telah dilakukan RS Al-Irsyad Surabaya di salah satu kliniknya, yakni Klinik Orthopedi Terpadu. Klinik ini biasa menangani kasus trauma seperti kecelakaan atau jatuh sekitar tulang dan non trauma, yaitu adanya infeksi pada tulang dan jaringan, atau bahkan tumor.

Namun, disampaikan dr. Salim Ubaid Manajer Pelayanan Medis RS Al-Irsyad Surabaya, di klinik baru ini, nantinya tidak hanya berfokus pada penanganan ortopedi yang mencakup tulang dan persendian saja, tetapi juga pada syaraf. “Jadi, klinik ini lebih lengkap,” ujar dr. Salim.

Salah satu Dokter Spesialis Ortopedi Dr. dr. Dwikora Novembri U, Sp.OT (K) FICS sendiri, dikatakan dr. Salim telah banyak menjalin kerja sama dengan berbagai kelompok persatuan olah raga untuk penanganan atlet cedera. “Jadi, beberapa atlet juga sudah sering ditangai di RS Al-Irsyad Surabaya,” tandasnya.

Untuk penanganan cedera para atlet ini, karena tidak hanya sebatas operasi, tetapi juga ada rentetan penanganan lanjutan, maka klinik ini pun dilengkapi dengan penanganan pemulihan sebelum (pre-op) dan sesudah (post-op) operasi, yakni dengan fisioterapi. 

Dan dalam menyongsong RS Al-Irsyad Surabaya sebagai pusat penanganan cedera olah raga (sport injury), 19-20 Oktober lalu telah dilaksanakan agenda Scientific Weekend Sport Injury.

Agenda tersebut merupakan sebuah bentuk lokakarya untuk para atlet, pelatih se-Kota Surabaya dan dokter umum dari Dinas Kesehatan serta mitra RS Al-Irsyad.

Lokakarya tersebut akan membahas penanganan cedera olah raga (sport injury) yang penting diketahui kalangan tersebut. Agar cedera yang terjadi pada atlet atau siapapun dapat segera dimobilisasi untuk meminimalisasi risiko yang terjadi. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat