Rokok Ternyata Bikin Tulang Keropos

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Rokok selain berbahaya untuk paru-paru, juga berbahaya untuk kesehatan tulang. Para pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam rokok terdapat berbagai kandungan yang sangat buruk yang dapat mempengaruhi pembentukan tulang.

Tulang yang mengeropos, atau secara medis disebut osteoporosis didefinisikan sebagai kondisi hilangnya kepadatan tulang sehingga menyebabkan tulang jadi mudah patah. Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh  dr. Yusra Firdaus, seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Menurutnya, salah satu penyebab pengeroposan tulang ini disebabkan oleh rokok.

“Racun yang masuk ke dalam tubuh ketika Anda merokok akan secara perlahan merusak berbagai sel tubuh, tak terkecuali sel tulang. Sel tulang yang rusak menyebabkan kepadatan tulang rapuh dan mudah keropos,” paparnya dalam hellosehat.com

Dokter yang berpraktik di RS Permata Bekasi ini juga meyakini bahwa efek merokok dapat menghambat proses penyerapan nutrisi dalam usus, khususnya vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan oleh jaringan tulang.

Hal inipun didukung oleh spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Internasional Bintaro, dokter Muhammad Azwar dalam liputan6.com. Menurutnya, konsumsi alkohol dan rokok bisa menghambat penyerapan kalsium. Padahal, kalsium punya peran penting dalam tubuh kita, termasuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Andrea A. Baccarelli, seorang profesor kedokteran lingkungan di Columbia University Mailman School of Public Health juga mengatakan bahwa polusi yang disebabkan oleh rokok menyebabkan kepadatan mineral tulang yang lebih rendah.

“Merokok menyebabkan kanker, penyakit kardiovaskular dan kehilangan kepadatan mineral tulang. Begitu pula polusi udara. Bahkan pada tingkat polusi yang diterima oleh The Environmental Protection Agency, masih ada risiko peningkatan (osteoporosis),” papar Baccarelli dalam kompas.com.

Begitu juga dengan dr. Alvin Nursalim. seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, berupaya menjelaskan hubungan tulang keropos dengan rokok. “Kerusakan sel pembentuk tulang menjadi semakin parah, karena rokok juga terbukti dapat meningkatkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh, sehingga proses penghancuran tulang akan berlangsung lebih cepat,” jelasnya dalam klikdokter.com.

Islam Menganjurkan Umatnya Menjauhi Mudharat

Menanggapi hal ini, Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, ustadz yang juga menjadi pemimpin redaksi di muslim.or.id menukil ayat ke 195 dari surat Al-Baqarah tentang larangan mendekati kebinasaan. “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan“. (QS. Al Baqarah: 195).

Menurut magister lulusan King Saud University Riyadh Saudi Arabia ini mengatakan, karena merokok dapat menjerumuskan dalam kebinasaan, yaitu merusak seluruh sistem tubuh (menimbulkan penyakit kanker, penyakit pernafasan, penyakit jantung, penyakit pencernaan, berefek buruk bagi janin, dan merusak sistem reproduksi), dari alasan ini sangat jelas rokok terlarang atau haram.

Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak boleh memulai memberi dampak buruk (mudhorot) pada orang lain, begitu pula membalasnya.” (HR. Ibnu Majah no. 2340, Ad Daruquthni 3/77, Al Baihaqi 6/69, Al Hakim 2/66. Kata Syaikh Al Albani hadits ini shahih).

Mengingat bahaya dari pengeroposan tulang bagi kesehatan, sebagaimana menurut ahli rehabilitasi medik, dr. Siti Annisa Nuhonni dalam liputan6.com, bahwa pengeroposan tulang lebih bahaya ketimbang kanker. Sebab selain tidak dapat disembuhkan, pun tergolong penyakit tanpa gejala yang muncul diam-diam alias silent disease. Maka ada baiknya jika sebagai umat Muslim mematuhi perintah Allah dengan menjauhi hal-hal yang tidak bermanfaat atau mendatangkan mudharat seperti kebiasaan merokok. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat