Ratusan Siswa PG-TK Al Irsyad Check Kesehatan Gigi Serentak

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– RS Al Irsyad nampaknya kian digandrungi oleh siswa TK/KB. Setelah kedatangan puluhan siswa dari KB/TK Bunda Lily beberapa waku lalu, kini giliran PG-TK Al Irsyad serentak menyerbu RS Al Irsyad, Jumat-Sabtu (21-22/2).

Sebanyak 125 siswa itu datang dengan tujuan ingin mengenal profesi dokter gigi lebih dekat dan memeriksakan kesehatan gigi bersama. Karena banyaknya jumlah siswa, panitia kegiatan ini membaginya menjadi dua hari. Hari Jumat untuk 62 siswa, dan hari Sabtu untuk 63 siswa yang tersisa. Para siswa pun antusias mengikuti jalannya acara dengan baik.

Kunjungan seperti ini ternyata rutin dilakukan oleh PG-TK Al Irsyad setiap tahun sekali. Hingga saat ini, RS Al Irsyad lah yang selalu jadi tujuan kunjungan PG-TK Al Irsyad. Hal ini dituturkan oleh Yulianti, salah satu pengajar PG-TK Al Irsyad.

“Setiap tahun sekali kami selalu ajak anak-anak ke RS Al Irsyad dengan tema profesi dokter gigi. Kita ingin menekankan bahwa dokter gigi tidak menakutkan seperti yang ada dipikiran mereka. Dan Alhamdulillah, mereka tidak takut lagi dengan dokter gigi,” papar Yulianti.

Akan Intenskan Pemeriksaan Kesehatan Enam Bulan Sekali

Bahkan, PG-TK Al Irsyad akan mengintenskan kunjungan ini menjadi enam bulan sekali. Sesuai dengan aturan normal untuk pemeriksaan kesehatan gigi. Hal ini ditujukan agar para siswa sadar akan pentingnya kesehatan gigi, termasuk mengontrol, merawat, dan mencegah masalah pada gigi.

“Kami akan ke humas RS Al Irsyad untuk mengutarakan keinginan kita ini,” lanjutnya.

Acara ini dimulai pukul 08:00 WIB dengan pemutaran video kartun Islami ‘Nussa’ di lantai 4 Gedung Baru Al Irsyad. Kemudian para siswa diarahkan secara bergilir untuk turun ke lantai 3 guna melakukan pemeriksaan gigi.

Ada empat dokter cantik dari RS Al Irsyad Surabaya yang bertugas memeriksa, yakni drg. Raisya, drg. Murni Fadila, drg. Dira, dan drg. Afiati. Didampingi perawat kesehatan gigi Vika Arifianti Amd.Kep Gi, dengan sabar dan ramah mereka memeriksa kesehatan gigi siswa PG-TK Al Irsyad secara menyeluruh.

Hasil Pemeriksaan Menyatakan 70 Persen dalam Kondisi Baik

Dikatakan oleh drg. Afiati, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa 70 persen kondisi gigi para siswa sangat baik dan sehat. Sedangkan 30 persen dalam kondisi bermasalah.

“30 persen bermasalah, kebanyakan mengalami karies gigi akibat tidak membudayakan gosok gigi sebelum tidur,” papar Dokter Afiati usai memeriksa seluruh siswa.

Hal ini mengindikasikan perlunya pendisiplinan menggosok gigi sebelum tidur.  Lebih lanjut Dokter Afiati menekankan agar para orangtua membantu buah hati untuk membiasakan diri gosok gigi sebelum tidur.

“Ini perlu dibiasakan, supaya menjadi pola yang baik,” tuturnya.

Usai seluruh siswa diperiksa, Vika selaku perawat gigi mengedukasi para siswa tentang cara menggosok gigi yang benar. Dengan menggunakan alat peraga gigi, ia mempraktekkan bagaimana seharusnya cara menggosok gigi yang benar dan aman. Acara pun ditutup pada pukul 10:00 WIB. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat