Raih Manfaat Kesehatan Ini Jika Lepas dari Teknologi

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Teknologi telah menjadi bagian dari hidup kita selama ini. Dibalik manfaat baiknya, ternyata teknologi dapat memberikan manfaat buruk. Maka dari itu, beberapa studi menyarankan agar kita mengambil waktu lepas dari teknologi agar kesehatan dapat tetap terjaga.

Hari ke hari perkembangan teknologi semakin masif. Seiring dengan hal tersebut, arus informasi pun makin membanjiri. Orang-orang semakin mudah mengakses beragam informasi yang dibutuhkan, tanpa terpisah jarak maupun waktu. Namun, semakin besar dan sering kita memanfaatkan teknologi, ternyata hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan tubuh.

Maka dari itu, beberapa studi menyarankan untuk sejenak melepaskan diri dari teknologi guna menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini, manfaat yang didapat jika kita melepaskan diri dari teknologi.

Tingkatkan Kualitas Hidup

Dalam penelitian yang dilakukan University of Maryland di tahun 2011 melaporkan, murid-murid yang lepas dari ketergantungan teknologi mengalami peningkatan kualitas hidup. Hal ini pun dibenarkan oleh Heidi McBain, terapis keluarga dan pernikahan di Texas, AS.

“Dengan menjauh sementara dari ponsel Anda, dapat memaksa Anda untuk lebih kreatif menghabiskan waktu,” ujarnya. Kreatifitas ini dapat dilakukan dengan mengeksplor hobi, bermain di luar ruangan, dan menyisihkan quality time bersama keluarga lebih banyak.

Membuat Lebih Bersemangat

Penelitian yang terbit dalam Journal of Occupational Health Psychology tahun 2011 menyatakan bahwa orang-orang yang tidak memeriksa hal terkait pekerjaan seperti, memeriksa surel masuk setelah jam kerja, dikatakan lebih bersemangat memulai pekerjaan keesokannya.

“Hal ini dapat mengurangi stres. Baik tubuh atau otak membutuhkan waktu pemulihan dari stimulus eksternal. Dengan begitu, Anda merasakan lebih baik secara fisik dan membuat Anda tidak lagi cemas,” kata Reswana Chapple, PhD, terapis mental di AS, dilansir medcom.

Mempermudah Melupakan Hubungan yang Sudah Berlalu

Studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Cyberpsychology menyebutkan, bahwa remaja-remaja yang meninggalkan teknologi dapat lebih mudah melupakan mantan pasangan mereka. Hal ini dikarenakan, dengan jauh dari teknologi, kita akan lebih jarang melihat hal yang terkait dengan mantan pasangan kita.

Maka dari itu, jauh dari teknologi dapat membuat para remaja tersebut mudah melupakan mantan pasangan mereka.

Meningkatkan Kemampuan Interpersonal

Sebuah diskusi yang dilakukan University of Birmingham pada tahun 2013 menyimpulkan, dengan memiliki berbagai macam sosial media, ternyata dapat memberikan dampak negatif terhadap kemampuan interpersonal seseorang.

“Dengan mengurangi teknologi, kita dapat kembali terhubung dengan teman-teman dan anggota keluarga kita,” lanjut Heidi.

Teknologi dapat memberi manfaat yang sangat baik jika digunakan sesuai porsinya. Selain dapat membantu mendapatkan informasi secara cepat, teknologi juga mempermudah seseorang untuk kembali menjalin silaturrahmi terhadap sanak saudara yang berjauhan.

Oleh karena itu, pemanfaataannya harus disesuaikan dengan porsi dan dibatasi. Karena jika berlebihan digunakan, teknologi juga dapat berdampak menurunkan kualitas hidup seseorang. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat