Ragam Pola Makan Sehat Usai Lebaran yang Bisa Diterapkan

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Tak jarang orang merasa kesulitan mengontrol santapan makanan usai lebaran. Perilaku makan pun cenderung tak sehat dan dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Mulai dari badan yang melar, hingga berbagai kondisi terkait kadar kolesterol dan gula darah tinggi.

Untuk itu, tiap orang pun dianjurkan untuk tetap menjaga perilaku makan yang sehat setelah lebaran.

Batasi asupan tinggi lemak dan manis

Ahli Gizi RS Al Irsyad Surabaya, Anisa Wahyuningtyas Agustin, A.Md. Gz menyampaikan bahwa membatasi asupan yang tinggi mengandung lemak dan gula merupakan pilihan pertama yang perlu dicoba.

Pasalnya, sebagian besar hidangan selama lebaran kaya mengandung lemak dan gula seperti opor, rendang dan minuman manis yang dapat berisiko meningkatkan berbagai penyakit serius.

Dengan demikian, Nisa menyarankan untuk mengurangi asupan berminyak dan tinggi lemak. Perhatikan pola makan sehat yang bisa menetralkan kembali tubuh dari terlalu banyak lemak saat Lebaran.

Tak hanya itu, hindari juga makanan dan minuman manis. Konsumsi makanan dan minuman manis hanya akan memperburuk kadar gula darah yang dapat berisiko terkena diabetes.

Perbanyak makan sayur dan buah

Selain itu, Nisa juga menyarankan agar senantiasa mengonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Hal ini sebagai penyeimbang makanan yang cenderung berlemak saat Lebaran. Pertahankan kebiasaan makan sayur dan buah meski Lebaran telah usai untuk menetralisir tubuh.

Minum banyak air

Mengonsumsi air mineral tentu sangat penting, pasalnya asupan air akan membantu tubuh mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh serta tubuh pun terhindar dari dehidrasi.

Apalagi, setelah berpuasa selama sebulan penuh, kadar glikogen dalam tubuh akan meningkat. Konsumsi banyak air akan menormalkan kembali kadar glikogen.

Kembali ke pola makan teratur

Nisa juga menganjurkan untuk mengembalikan tubuh ke posisi normal dengan mengikuti pola makan teratur seperti sedia kala. Lakukan perlahan agar tubuh tak merasa kaget, hingga akhirnya Anda menemukan ritme seperti sedia kala.

Jangan lupa juga untuk makan saat merasa lapar dan berhenti saat merasa kenyang.

Imbangi dengan aktivitas fisik ringan

Ada baiknya buang kalori berlebih dalam tubuh dengan aktivitas fisik yang ringan, salah satunya dengan berjalan kaki. Olahraga ringan seperti ini dapat membantu membakar kalori berlebih tanpa membuat merasa terlalu lelah dan mual. Itulah beragam tips pola makan sehat usai lebaran.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad.  (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat