Puasa Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Bagi seorang muslim, bulan puasa memberikan banyak manfaat. Manfaat tersebut bukan hanya pahala yang dilipatgandakan, namun juga manfaat kesehatan. Salah satu manfaat kesehatannya, puasa ampuh turunkan kadar kolesterol tubuh.

Selama kurang lebih 13 jam, tubuh dalam keadaan kosong. Tidak mendapat asupan makanan dan minuman hingga waktu berbuka tiba. Ini membuat tubuh dapat memperbaiki profil lipid yang berkaitan dengan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Kolesterol merupakan substansi lemak yang berguna untuk mendukung fungsi sel serta produksi hormon. Namun, jika terlalu tinggi dapat memicu penyakit jantung dan pembuluh darah. Untungnya, kadar kolesterol ini dapat dikontrol dengan menurunkan jumlah kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik.

Di sisi lain dikutip dari republika, Taruna Ikrar, MD., PhD, seorang pakar kesehatan dari School of Harvard Medicine, untuk menanggulangi penyakit kardiovaskuler salah satunya dengan mencegahnya. Berbagai macam cara bisa dilakukan, misalnya saja dengan bergaya hidup sehat, pola makanan yang sehat (memperbanyak makanan serat, sayur mayur, tidak makan berlebihan, dan makan makanan berkolesterol tinggi serta berlemak), dan juga dianjurkan untuk berolahraga secara rutin.

Dengan berpuasa akan membuat seseorang untuk hidup secara teratur, baik aktivitasnya maupun pola makannya. Puasa akan meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL. Dilansir dari jpnn, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Teknologi MARA Malaysia menemukan bahwa selama bulan puasa, akan terjadi peningkatan HDL dan penurunan LDL, berat badan serta trigliserida.

Kemudian, penelitian yang lain juga ada yang memberikan hasil yang berlawanan. Penelitian ini dilakukan pada 81 mahasiswa di Tehran University of Medical Sciences, Iran. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa hasil yang didapat, selama bulan puasa, justru jumlah LDL meningkat daripada HDL.

Ternyata, ini juga bergantung pada asupan nutrisi yang kita dapatkan selama sahur dan berbuka puasa. Kebanyakan orang akan kalap saat berbuka. Memakan makanan apapun, bahkan makanan tidak sehat sekalipun. Jika ini berlanjut, maka wajar saja kadar LDL yang meningkat bukan HDL.

Kemudian, berpuasa juga dapat membantu proses detoksifikasi. “Puasa dapat membantu proses detoksifikasi. Membuatnya berjalan dengan baik,” jelas Yeni Purnamasari, seorang dokter dari Layanan Kesehatan Cuma Cuma Dompet Dhuafa (LKCC DD) dalam republika. Agar tubuh melakukan detoksifikasi, organ tubuh harus dalam keadaan istirahat. Ketika, manusia menahan lapar dan dahaga saat bulan puasa sejak subuh hingga maghrib, saat itulah detoksifikasi berjalan.

“Kalau ketika buka puasa dan sahur apa saja dimakan, seperti balas dendam, maka puasa jadi tak terlalu berarti bagi kesehatan tubuh. Itu sama saja,” tegasnya.

Karenanya, meski berpuasa, asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh harus tetap diperhatikan. Agar berpuasa tetap menjaga badan tetap sehat dan bugar.(ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat