Pola Makan Sesuai Syari’at Ampuh Cegah Diabetes

Rsalirsyadsurabaya.co.id –  Makan dan olahraga merupakan sebuah rutinitas yang harus terus dipenuhi manusia. Jika keduanya dilakukan sesuai syari’at Islam ternyata kita akan mendapati tubuh sehat pun juga terhindar dari penyakit Diabetes.

Makan merupakan rutinitas yang wajib dilakukan manusia sehari-hari. Tujuannya untuk memberi energi selama seharian beraktivitas meski beribadah kepada  Allah sekalipun. Namun, makan akan menjadi bahaya tersendiri jika tak memperhatikan asupan serta pola makan yang dibutuhkan dan tidak diimbangi dengan olahraga. Bukan malah sehat yang didapat melalui makanan, namun malah terkena Diabetes.

Dikatakan oleh dr. Chairul Effendi, Sp.PD, K-AI, Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RS Al Irsyad Surabaya, bahwa Diabetes Melitus adalah penyakit gangguan metabolik dan pembuluh darah yang dapat mengenai semua usia. Oleh karena itu, pola makan yang sehat dan berolahraga harus dilakukan secara berimbang agar tak menimbulkan penyakit Diabetes.

“Mereka yang mempunyai bakat dimana Ayah, ibu sakit Diabetes, maka kemungkinan bisa terkena, dan penyakit ini dapat menimbulkan kelainan pada ginjal, jantung, otak dan pembuluh darah Perifer,” kata Chairul.

Ciri-ciri penderita diabetes dapat dikenali. “Awalnya penderita akan merasa haus dan sering buang air kecil terutama pada malam hari. Kemudian bila penyakit berlanjut akan muncul gejala-gejala seperti batuk, sesak nafas dan produksi urine yang berkurang,” lanjutnya.

Makanan, Syarat Sehat Penderita Diabetes

Ia juga menegaskan bahwa pola makan yang baik untuk penderita diabetes adalah makanan yang cukup karbohidrat, cukup protein dan jumlah lemak yang cukup. Kemudian para penderita diabetes wajib menjauhi terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis.

“Apabila terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan yang manis dapat muncul gejala penyakit tersebut,” katanya.

Sementara itu, seorang Nutrisionis sekaligus Dokter Ahli Gizi, dr. Samuel Oetoro menegaskan bahwa makanan sehat merupakan syarat penting bagi pasien yang menderita penyakit Diabetes Mellitus untuk menghindari komplikasi.

Diabetes Mellitus menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah penyakit gangguan metabolik menahun akibat organ pankreas tidak memproduksi cukup insulin untuk menopang metabolisme dalam tubuh seseorang atau keadaan dimana tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Karena hal tersebut, di dalam tubuh akan mengalami peningkatan konsentrasi glukosa dalam darah.

Oleh karena itu, pengidap Diabetes harus benar-benar memperhatikan pola makan dan asupan makannya. “Pengidap Diabetes pantang hanya makan tiga kali. Makan 5-6 kali tapi tidak banyak. Nasi putih diganti dengan nasi merah atau hitam, karena nasi putih memiliki kandungan gula yang tinggi.” lanjut Samuel.

Pola Makan Islam Cegah Diabetes

Di sisi lain, Islam telah mengajarkan perilaku makan yang sesuai dengan syari’at. Makan dalam Islam sangat memperhatikan kondisi tubuh dan tak bisa dilakukan sembarangan.

Kemudian, dijelaskan oleh dr. Ricat H. Malik salah seorang tenaga medis spesialisasi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang bahwa prinsip sehat dalam Islam yaitu berhenti sebelum kenyang. Ia mengatakan bahwa dengan prinsip tersebut dapat menjadi cara yang efektif untuk mencegah penyakit Diabetes Mellitus. “Ada sebuah hadits riwayat Abu Daud yang berbunyi, ‘Kita ini golongan umat yang makan karena sudah lapar dan apabila makan tidak sampai kenyang.’” kutipnya.

Oleh karenanya, Islam sangat memperhatikan pola makan untuk umatnya. Ia mengakui bahwa Hadits tersebut sangat sesuai dengan prinsip menjaga pola makan yang baik dan tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, lemak, atau minyak.

Dengan demikian dapat kita ketahui bersama bahwa Islam telah mengajarkan pola makan dan hidup sehat sejak dahulu. Sederhana menjadi prinsip dalam Islam untuk menuntun umatNya agar menjadi pribadi yang sehat dan terhindar dari segala macam penyakit termasuk Diabetes. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat