Peringati Hari Jantung Sedunia, RSAI Ajak Masyarakat Kenali Risiko Gangguan Kardiovaskular

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Dalam memperingati Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada tanggal 29 September, RSAI mengajak masyarakat mengenali gangguan kardiovaskular. Ajakan ini diadakan melalui webinar Zoom. Acara ini diisi oleh spesialis jantung dari RS Al Irsyad.

Dr. Diah Rachmaniah Sp.Jp., yang menjadi pembicara dalam webinar untuk memperingati Hari Jantung Sedunia tersebut. Di awal webinar, moderator memutarkan company profile RS yang mengenalkan segala fasilitas dan layanan di dalam RS Al Irsyad. Kemudian, dilanjutkan pembacaan curriculum vitae dr. Diah sebelum memasuki bahasan inti. Acara ini juga merupakan kerja sama RS dengan PT. Kalbe Farma.

Pada webinar tersebut bahasan intinya seputar mengenali risiko penyakit jantung koroner. “Jantung koroner ini banyak diidap masyarakat di dunia, hampir 50% penyakit jantung, merupakan jantung koroner,” katanya.

Dr. Diah menerangkan secara lengkap tentang jantung koroner. Ia menyajikan data-data pengidap penyakit jantung di seluruh Indonesia. Ia berharap dengan adanya kenyataan ini, masyarakat menjadi semakin waspada akan gangguan kardiovaskular.

“Sekitar 17,3 juta kematian di dunia ini penyebabnya karena jantung. Di Indonesia, penyakit jantung menjadi penyebab terbesar kematian seseorang,” lanjutnya.

Dalam data yang dikutip dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan RI 2018, prevalensi penyakit jantung pada wanita perkotaan angkanya lebih tinggi. Di antara angka tersebut, orang berusia 45 tahun ke atas semakin rentan terkena penyakit jantung.

Webinar ini berhasil menyedot antusias partisipan yang hadir. Pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan di dalam kolom komentar. Dan, dr. Diah pun dengan sigap menjawab tiap pertanyaan. Salah satu partisipan terjauh berasal dari Sumba. Ia menanyakan tentang hipertensi yang diderita selama 15 tahun di usianya sekarang yang 41 tahun.

Setelah pertanyaan dilontarkan oleh moderator, dr. Diah menjawab pertanyaan tersebut dengan baik. Ia menjelaskan jawaban yang sebisa mungkin dapat dipahami oleh penanya.

“Dalam rangka peringati Hari Jantung Sedunia ini, saya harap kita semakin aware terhadap penyakit jantung. Tingkatkan awareness, agar kita semua sehat,” pungkas dr. Diah. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat